Orang Tertua di Dunia Meninggal pada Usia 119 Tahun

Kompas.com - 28/04/2022, 09:03 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Manusia tertua di dunia, Kane Tanaka yang berasal dari Jepang meninggal di usia 119 tahun.

Tanaka lahir pada 2 Januari 1903 dan meninggal 19 April 2022. Tanaka menikah pada umur 19 tahun dan memiliki lima anak, empat anak biologi dan satu adopsi.

Menurut Guinness World Records, Tanaka menjadi orang tertua yang masih hidup di dunia pada 30 Januari 2019 pada usia 116 tahun dan 28 hari. Dia memegang gelar selama tiga tahun, sampai kematiannya minggu lalu.

Seperti dikutip dari Live Science, Rabu (27/4/2022) dalam beberapa bulan terakhir, keluarga Tanaka melaporkan bahwa ia sering sakit dan keluar masuk rumah sakit.

Baca juga: Berusia 107 Tahun, Inilah Pasangan Kembar Identik Tertua di Dunia

Tanaka merupakan penyintas kanker dua kali. Ia bekerja di toko keluarganya sampai usianya 103 tahun.

Menurut National Institutes of Health (NIH), berapa lama seseorang hidup diperkirakan dipengaruhi oleh genetika, lingkungan, dan gaya hidup.

Para ilmuwan telah mempelajari centenarian (orang yang hidup sampai 100 tahun) dan supercentenarian (orang yang hidup sampai 110 tahun dan lebih) untuk lebih memahami faktor-faktor yang berkontribusi pada rentang hidup yang panjang.

Beberapa ilmuwan berspekulasi bahwa faktor gaya hidup, termasuk diet dan olahraga, memainkan peran penting dalam 80 tahun pertama kehidupan.

Setelah itu faktor genetik menjadi semakin penting dalam menjaga kesehatan seseorang seiring bertambahnya usia. Tanaka sendiri menurut NPR disebutkan menyukai makan cokelat dan minum soda.

Lebih lanjut, varian genetik yang telah dikaitkan dengan rentang hidup yang lebih lama itu ditemukan varian dalam gen ABO, CDKN2B, APOE, dan SH2B3.