Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astronom Temukan Ledakan Bintang Tipe Baru, Disebut Micronova

Kompas.com - 23/04/2022, 19:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Astronom menemukan ledakan bintang tipe baru yang disebut dengan micronova. Jenis ledakan bintang yang baru ditemukan ini pun dapat membantu kita lebih memahami ledakan termonuklir pada bintang mati.

Micronova terjadi di permukaan bintang katai putih yang secara aktif menyerap materi dari pasangan bintang biner (sistem biner) di dekatnya.

Akumulasi material pada katai putih ini lah yang kemudian menghasilkan ledakan termonuklir terlokalisasi.

Bintang katai putih sendiri merupakan bintang yang mencapai akhir hidupnya dan dapat mengeluarkan lapisan luar serta meninggalkan inti padatnya.

Bintang katai putih yang memiliki massa hingga 1,4 massa Matahari ini banyak ditemukan dalam sistem biner.

Baca juga: Nebula Kupu-kupu, Pemandangan Unik Ledakan Bintang Ditangkap Nasa Hubble

Seperti dikutip dari Science Alert, Jumat (22/4/2022) selama ribuan tahun, proses akumulasi material pada katai putih sebenarnya menjadi penyebab ledakan bintang yang kuat yang dikenal sebagai nova atau bahkan supernova, di mana seluruh bintang lenyap.

Namun ternyata peneliti mengidentifikasi adanya ledakan berukuran lebih kecil yang disebut micronova, mereka pun menyebutnya ledakan bintang tipe baru yang diamati di alam semesta. 

Kendati skala ledakan bintang ini lebih kecil, namun para astronom menyebut, mikronova 1 juta kali lebih terang daripada ledakan nova klasik.

Perbedaan lainnya, ledakan micronova terlihat membakar puluhan hingga ratusan triliun kilogram materi bintang dalam hitungan jam yang berlangsung selama setengah hari saja. Sementara pada nova bisa terjadi hingga beberapa minggu.

"Kami telah menemukan dan mengidentifikasi untuk pertama kalinya apa yang kami sebut mikronova," kata Simone Scaringi, astrofisikawan dari Durham University di Inggris.

Fenomena ledakan bintang micronova ini menurutnya menantang pemahaman para astronom tentang bagaimana ledakan termonuklir tipe baru pada bintang terjadi di alam semesta.

Baca juga: Sistem Bintang Apep Diyakini Bisa Memicu Ledakan Sinar Gamma Dahsyat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com