Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Salah Satunya Jadi Obat Kumur

Kompas.com - 06/04/2022, 16:40 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Lidah buaya sudah terkenal akan manfaatnya yang luar biasa. Lidah buaya bisa dikonsumsi atau dioleskan ke bagian-bagian tubuh, seperti rambut dan kulit. Apa saja kandungan lidah buaya dan kenapa lidah buaya sangat bermanfaat bagi manusia?

Tumbuhan lidah buaya

Lidah buaya adalah tumbuhan dengan batang pendek dan menyimpan kandungan air yang tinggi di daunnya. Daunnya sangat tebal dengan ujung yang tajam dan bisa tumbuh sepanjang 30 sampai 50 sentimeter.

Tumbuhan yang memiliki nama latin Aloe barbandesis ini sudah terkenal sejak dahulu untuk mengobati luka dan menebalkan rambut. Beberapa tahun terakhir penggunaan lidah buaya atau aloe vera di dalam produk perawatan kulit terus meningkat.

Selain itu, olahan makanan yang menggunakan lidah buaya juga sudah banyak dijual di pasaran. Tidak hanya itu, olahan lidah buaya juga menjadi pilihan oleh-oleh menyehatkan yang bisa kita beli bebas.

Hal ini membuat kita tidak perlu lagi repot-repot menanam dan memotongnya sendiri untuk mendapatkan manfaat lidah buaya.

Manfaat lidah buaya

Lidah buaya bermanfaat tidak hanya jika dioleskan dari luar tubuh, namun juga dari dalam. Berikut adalah beberapa manfaat lidah buaya yang sayang jika dilewatkan.

1. Mempercepat penyembuhan luka

Orang zaman dahulu cenderung mengoleskan lidah buaya ke bagian tubuh daripada mengonsumsinya. Sejak dulu, lidah buaya digunakan untuk menyembuhkan luka dan luka terbakar ringan dan akibat sinar matahari.

Studi menunjukkan luka bakar yang diobati menggunakan lidah buaya terbukti sembuh lebih cepat hingga 9 hari dibandingkan dengan obat biasa. Selain itu, penggunaan lidah buaya pada luka terbukti mampu mengurangi kemerahan, gatal, dan mencegah infeksi.

Baca juga: Lidah Buaya untuk Menurunkan Berat Badan: Manfaat dan Efek Samping

2. Mengurangi plak gigi

Khasiat yang satu ini mungkin masih jarang Anda dengar sebelumnya. Padahal khasiat yang satu ini sudah terbukti secara ilmiah. Sebuah studi yang melibatkan 300 orang membandingkan orang berkumur dengan jus lidah buaya dengan obat kumur biasa berbahan klorheksidin.

Hasilnya, lidah buaya sama efektifnya dengan obat kumur biasa sejak hari ke-4. Tumbuhan ini efektif membunuh bakteri penyebab plak dan jamur mulut.

3. Meredakan GERD

Penderita GERD sering bingung memilih makanan karena mudah memicu asam lambung naik. Lain halnya dengan lidah buaya. Mengonsumsi daging lidah buaya terbukti mampu mencegah GERD. Selain itu, tumbuhan ini tidak menimbulkan efek samping apa pun sehingga aman dikonsumsi.

4. Membuat buah dan sayur tahan lebih lama

Buah dan sayur yang dioleskan lidah buaya ternyata bisa mencegah pertumbuhan bakteri penyebab kebusukan. Hasilnya, kita bisa menyimpan buah dan sayur lebih lama.

5. Menurunkan gula darah

Sebuah penelitian menemukan bahwa pasien diabetes tipe 2 yang mengonsumsi lidah buaya setiap hari mengalami penurunan gula darah yang cukup signifikan.

Namun, jika pasien juga mengonsumsi obat penurun gula darah sebaiknya berhati-hati agartidak mengonsumsi lidah buaya terlalu banyak. Salah-salah, gula darahnya bisa turun terlalu jauh dan membahayakan pasien.

Baca juga: 5 Manfaat Minum Jus Lidah Buaya untuk Kesehatan

6. Melembapkan kulit

Tumbuhan ini adalah tumbuhan yang menyimpan banyak air. Oleh karena itu, lidah buaya bisa menjadi pelembab yang baik untuk kulit kita serta meredakan iritasi kulit. Dengan memiliki kulit yang lembap, kita juga bisa mencegah terjadinya penuaan dini.

7. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi masih menjadi pembunuh nomor satu di dunia. Oleh karena itu penting untuk mengubah gaya hidup dengan rajin berolahraga, pola makan sehat, dan meminum obat rutin. Sebagai terapi penunjang, Anda bisa mengonsumsi lidah buaya secara rutin karena terbukti mampu menurunkan tekanan darah.

Dari manfaat di atas, mana saja yang baru Anda ketahui?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com