Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Manfaat Lemon untuk Kesehatan, Bisa Cegah Batu Ginjal

Kompas.com - 02/04/2022, 20:33 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comLemon adalah buah asam dengan aroma dan rasa yang menyegarkan. Rasa asam lemon membuat buah ini jarang dikonsumsi sendiri. Lemon biasanya dicampur dengan madu atau dicampur ke dalam makanan, seperti bumbu salad dan makanan penutup.

Dibalik rasa asam yang menggigit, lemon menyimpan manfaat luar biasa yang baik untuk tubuh. Berikut ini adalah daftar manfaat lemon bagi tubuh.

Mengurangi risiko stroke

Dilansir dari Medical News Today, lemon bisa menurunkan risiko stroke iskemik pada wanita hingga 19 persen. Ini dibuktikan dalam sebuah studi yang menemukan bahwa lemon kaya akan antioksidan flavonoid yang bisa mencegah stroke.

Manfaat ini berkaitan dengan mencegah serangan jantung dan menjaga kesehatan kardiovaskular secara umum. Selain itu, mengonsumsi lemon secara rutin juga bisa menurunkan tekanan darah.

Mencegah kanker

Lemon kaya akan berbagai jenis antioksidan, seperti vitamin C dan flavonoid. Antioksidan dikenal mampu melawan radikal bebas penyebab kanker.

Melindungi kulit dari polusi

Vitamin C yang terkandung di dalam lemon mampu meningkatkan pembentukan kolagen dalam kulit. Hal ini membuat kulit akan lebih tahan jika terpapar sinar matahari dan polusi sehingga bisa mencegah penuaan dini.

Baca juga: Kontroversi Lemon dan Teh Bunuh Virus Corona, Ahli UI Paparkan Faktanya

Mencegah asma

Lemon mengandung vitamin C tinggi yang bisa meningkatkan imun seseorang. Orang dengan riwayat asma akan mudah kambuh jika imun tubuh menurun dan terserang flu. Selain itu, kandungan tersebut juga diyakini bisa mengurangi hipersensitivitas bronkial yang memicu asma.

Meningkatkan penyerapan zat besi

Penyerapan zat besi bisa optimal jika terdapat vitamin C yang cukup di dalam tubuh. Lemon mengandung vitamin C tinggi sehingga bisa mengoptimalkan penyerapan zat besi dan mencegah anemia.

Menurunkan berat badan

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di NCBI menemukan bahwa orang yang mengonsumsi lemon dan diet tinggi lemak selama 12 minggu mengalami peningkatan berat badan yang lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi lemon.

Ini menunjukkan bahwa lemon mampu membantu menurunkan berat badan. Namun, perlu penelitian lanjutan untuk mengetahui mekanisme tersebut.

Mencegah batu ginjal

Batu ginjal disebabkan oleh mineral yang mengalami kristalisasi di saluran ginjal. Batu ginjal berbahaya karena bisa menyumbat saluran dan mencegah urine untuk dibuang ke kantung kemih.

Asam sitrat yang terkandung di dalam lemon bisa membantu mencegah pembentukan ginjal. Asam sitrat bekerja dengan cara meningkatkan volume dan pH urine. Dengan begitu, pembentukan batu ginjal bisa dicegah.

Itu dia manfaat lemon untuk kesehatan. Jadi, apa Anda akan mengonsumsinya dengan rutin?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com