Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Jahe, Salah Satu Rimpang Paling Sehat di Dunia

Kompas.com - 05/04/2022, 17:31 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Anda gemar menikmati jahe? Selamat, rimpang dengan rasa pedas dan hangat ini memiliki segudang manfaat bagi tubuh Anda.

Jahe

Jahe adalah tumbuhan yang berasal dari Asia Tenggara dan menjadi salah satu bumbu paling sehat di dunia. Jahe merupakan tumbuhan rimpang dan satu famili dengan kunyit dan lengkuas.

Bagian dari jahe yang banyak digunakan dan memiliki banyak manfaat adalah bagian akar yang tertanam di dalam tanah. Jahe banyak dimanfaatkan untuk bumbu masak hingga menjadi minuman hangat yang nikmat diminum di hari yang dingin.

Manfaat jahe

Jahe memiliki banyak manfaat yang sudah teruji secara klinis. Kandungan yang luar biasa di dalam jahe membuat jahe banyak dikonsumsi. Berikut ini adalah manfaat jahe untuk kesehatan.

1. Mengurangi mual

Mual sering terjadi pada pasien yang menjalankan kemoterapi dan ibu hamil. Jika tidak diatasi, mual memicu proses mengosongkan perut dan menyisakan rasa yang tidak nyaman.
Jahe terbukti bisa mengurangi mual dan mencegah muntah. Studi menunjukkan jahe paling efektif pada ibu hamil hanya dengan mengonsumsi 1,1 sampai 1,5 gram jahe per hari.

2. Menghilangkan perut begah

Perut begah biasanya muncul karena sembelit perut bergas. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan enzim di dalam jahe mampu mengurangi produksi gas dan mengurangi rasa tidak nyaman. Selian itu, jahe meningkatkan pergerakan usus dan mengatasi sembelit.

Baca juga: 7 Khasiat Jahe Merah untuk Kesehatan

3. Meningkatkan imun

Sering mendengar saran untuk mengonsumsi jahe pada masa pandemi Covid-19? Ternyata hal itu benar. Berbagai studi yang dilakukan menunjukkan bahwa jahe mampu melindungi tubuh dari penyakit kronis dan membantu penyembuhan penyakit pernapasan, seperti batuk dan flu.

Namun, pastikan Anda mengonsumsi jahe yang segar, bukan jahe yang sudah di keringkan. Jahe yang telah dikeringkan tidak memberikan efek yang sama dengan jahe yang segar.

4. Menurunkan gula darah dan menjaga kesehatan jantung

Penelitian menemukan bahwa mengonsumsi jahe secara rutin bisa menurunkan gula darah hingga 12 persen. Selain itu, terjadi penurunan hemoglobin A1c (HbA1c) yang merupakan marker gula darah jangka panjang.

Jahe juga menunjukkan efek yang baik terhadap kesehatan kardiovaskular. Jahe mampu mencegah tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol, dan penyakit jantung koroner.

5. Mencegah kanker

Jahe kaya akan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas. Radikal bebas yang terakumulasi pada tubuh bisa memicu berbagai penyakit kronis, seperti arthritis dan kanker. Jahe terbukti mampu menurunkan risiko terkena kanker usus, lambung, pankreas, dan kanker hati.

Itu dia daftar manfaat jahe untuk tubuh Anda. Jadi, apa Anda sudah minum jahe hari ini?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com