Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/03/2022, 21:00 WIB
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com - Telur ayam merupakan sumber protein hewani yang sangat menyehatkan.

Telur ayam memiliki ukuran, warna cangkang, hingga warna kuning telur yang berbeda-beda.

Untuk warna kuning telur, rupanya ada faktor-faktor yang menyebabkan warnanya berbeda-beda.

Dilansir dari Eat This, Not That, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Food Science, kuning telur yang memiliki warna lebih gelap (seperti kuning mustard atau oranye terang) biasanya mengandung lebih banyak omega-3 dan vitamin dibandingkan dengan kuning telur dengan warna yang lebih terang. 

Perbedaan warna kuning telur ini sebenarnya disebabkan oleh pola makan dan kesehatan ayam yang bertelur.

Baca juga: 3 Alasan Telur Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

"Warna kuning telur sebenarnya bisa memberi tahu banyak hal tentang kandungan nutrisi telur," kata Vanessa Rissetto MS, RD, CDN dan salah satu pendiri Culina Health. 

"Kuning telur berwarna oranye biasanya dihasilkan oleh ayam yang dibesarkan di padang rumput, yang makanannya terdiri dari rumput segar, cacing, dan belalang. Makanan ini kaya akan karotenoid, yang menghasilkan kuning telur dengan warna oranye."

"Beberapa penelitian menunjukkan, kuning telur yang lebih gelap dan lebih berwarna, terutama dari ayam yang dibesarkan di padang rumput, dapat memiliki lebih banyak omega-3 dan vitamin karena lebih banyak pakan alami yang dimakan ayam," kata Rachel Paul, PhD, RD dari CollegeNutritionist.com. 

"Jika kuning telurnya berwarna kuning muda, ayam-ayam itu kemungkinan diberi makan makanan vegetarian yang terdiri dari jagung dan gandum," kata Rissetto.

Baca juga: Kaya Protein, Ini Manfaat Telur Bebek untuk Kesehatan

Meskipun kuning telur yang lebih gelap memberikan nutrisi yang kaya, itu tidak berarti nilai gizi telur berubah sama sekali. 

Menurut Paul, kuning telur akan tetap memberikan jumlah protein dan lemak yang sama, apapun warnanya.

"Sementara nilai gizi telur tidak berubah secara signifikan berdasarkan warna kuningnya, ini merupakan indikator yang bagus untuk kesehatan induk ayam," ujar Rissetto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com