Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat Rekor Baru, Roket China Luncurkan 22 Satelit ke Luar Angkasa

Kompas.com - 01/03/2022, 18:54 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - China berhasil meluncurkan roket Long March 8 untuk membawa 22 satelit dari berbagai perusahaan ruang angkasa komersial.

Hal ini membuat China memecahkan rekor nasional dalam wahana luar angkasa terbanyak yang diluncurkan satu roket.

Roket Long March 8 lepas landas dari Pusat Peluncuran Satelit Wenchang di Provinsi Hainan selatan pukul 10.06 malam waktu serempat, pada Minggu (27/2/2022) lalu.

Keberhasilan peluncuran satelit menuju orbit ini pun dikonfirmasi China Aerospace Science and Technology Corporation (CASC).

Baca juga: China dan Rusia Akan Bangun Pangkalan di Bulan untuk Saingi NASA

Melansir Science News, Minggu (27/2/2022) roket Long March 8 memiliki panjang 50,3 meter yang dirancang untuk membawa satelit-satelit dari layanan komersial.

Pihaknya menyebutkan bahwa 22 satelit baru dibangun oleh tujuh lembaga, serta perusahaan swasta. Nantinya, satelit itu akan dirilis dalam 12 kelompok yang digunakan untuk pemantauan lingkungan laut, pencegahan kebakaran hutan, serta mitigasi bencana.

Long March 8 telah dijadwalkan untuk uji pengembangan lepas landas vertikal, pendaratan vertikal, di mana booster atau pendorong sampingnya akan tetap terpasang pada tahap pertama.

"Sederhananya, kami telah membuat solusi carpooling (berbagi tumpangan) untuk meluncurkan banyak satelit kecil dalam satu misi peluncuran yang sukses," ujar Komandan Program Roket Long March 8, Xiao Yun.

Adapun peluncuran ini menandai misi ke-409 dari seri roket Long March China, dan merupakan misi orbit keempatnya pada tahun 2022.

“Kami menyiapkan satu atau dua jenis roket setiap tahun untuk itu (membawa satelit). Jika ada banyak satelit untuk diluncurkan, kami menggunakan roket besar. Jika hanya sedikit yang diluncurkan, kami memiliki roket yang lebih kecil,” papar Yun seperti dilansir dari CGTN, Minggu (27/2/2022).

Baca juga: China Berencana Luncurkan 140 Pesawat Luar Angkasa di Tahun 2022

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com