Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Roket New Shepard dalam Misi Blue Origin yang Bawa Jeff Bezos ke Luar Angkasa

Kompas.com - 21/07/2021, 13:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber Space

KOMPAS.com - Roket New Shepard sukses membawa Jeff Bezos ke luar angkasa. Dalam debut pertama misi Blue Origin, salah satu orang terkaya di dunia itu membawa tiga awak bersamanya.

Ketiga orang tersebut yakni saudaranya Mark Bezos, veteran pilot wanita berusia 82 tahun Wally Funk, dan seorang turis remaja dari Belanda, Oliver Daemen.

Dilansir dari Space, Rabu (21/7/2021), Blue Origin disebut sebagai penerbangan manusia pertama, yang akan menjadi penerbangan ke-16 New Shepard, tetapi menjadi penerbangan pertama dengan astronot di dalamnya.

Misi Blue Origin sukses meluncur pada Selasa (20/7/2021) dari Launch Site One di dekat Van Horn, Texas, pada pukul 09.00 pagi waktu setempat.

Blue Origin menjadi misi tonggak sejarah bagi perusahaan pariwisata luar angkasa.

Baca juga: Lagi, Blue Origin Milik Jeff Bezos Uji Coba Roket Wisata Antariksa

 

Penerbangan awak pertama roket New Shepard ke luar angkasa membawa empat penumpang, Jeff Bezos dan tiga warga sipil, tetapi tidak ada pilot karena kapsul ruang angkasa adalah sistem otomatis.

Lantas, seperti apa New Shepard itu?

New Shepard adalah roket yang diproduksi oleh Blue Origin, perusahaan wisata luar angkasa yang didirikan bos Amazon, Jeff Bezos.

Roket ini dirancang untuk membawa penumpang ke ruang suborbital di dalam kapsul kru. Kapsul ini memiliki enam jendela observasi besar. Roket New Shepard telah melalui 15 peluncuran uji tanpa awak.

Roket New Shepard, yang dipakai Jeff Bezos ke luar angkasa bersama tiga warga sipil lainnya, diambil dari nama astronot Amerika pertama yang pergi ke luar angkasa pada tahun 1962, Mercury Alan Shepard.

Baca juga: Memaknai Kesuksesan Blue Origin dan Jeff Bezos dalam Wisata Antariksa

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com