Kompas.com - 21/07/2021, 11:04 WIB

KOMPAS.comDaging merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh. Namun, jika terlalu banyak, daging justru bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. Berapa rekomendasi batas aman konsumsi daging merah agar tetap mendapatkan manfaatnya?

Daging merah sebagai sumber protein

Daging merah, seperti daging sapi dan daging kambing, merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Daging mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, lemak, multivitamin dan mineral.

Diantara kandungan nutrisi yang paling penting bagi tubuh adalah vitamin B12 dan zat besi. Keduanya mampu menunjang pembentukan hemoglobin dan sel darah merah. Keduanya penting untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Baca juga: Mengandung Lebih Rendah Lemak, Ini Manfaat Daging Kambing

Daging merah meningkatkan risiko penyakit

Sebuah studi menunjukkan bahwa memakan daging hingga jumlah tertentu justru berakibat sebaliknya dari manfaat yang didapatkan. Terlalu banyak mengonsumsi ini bisa meningkatkan risiko kematian.

Selain itu, daging merah merupakan salah satu jenis daging yang sering diolah menjadi daging olahan, seperti bakso, sosis, atau kornet. Karena berbagai bahan pengawet dan zat tambahan yang terkandung di dalam produk ini, maka hanya dalam jumlah yang sedikit, produk ini bisa meningkatkan risiko kematian.

Penyakit yang mungkin ditimbulkan akibat terlalu banyak mengonsumsi daging merah antara lain kanker dan penyakit kardiovaskular, seperti kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.

Risiko ini timbul karena salah satu komponen organik di dalam daging bernama trimethylamine N-oxide. Zat ini dipercaya memiliki hubungan dengan terjadinya penyakit jantung.

Baca juga: 5 Kandungan Gizi Daging Sapi yang Bermanfaat Bagi Tubuh Anda

Berapa batas konsumsi daging merah?

Rekomendasi batas aman konsumsi daging merah yang aman bagi tubuh adalah sekitar tiga porsi per minggu. Jumlah ini setara dengan 350 sampai 500 gram berat daging yang sudah matang. Lebih dari itu, mengonsumsi daging merah justru bisa berbahaya bagi kesehatan Anda.

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan protein dan nutrisi lainnya, Anda bisa memilih alternatif protein yang lebih sehat. Contoh pilihan protein yang lebih sehat adalah ayam dan ikan.

Beberapa orang mungkin tidak menyadari bahwa ia telah memakan daging melebihi takaran yang direkomendasikan. Beberapa orang mengaku memakan daging hanya dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Baca juga: Ini Potongan Daging Sapi yang Paling Sehat dan Rendah Lemak

Namun ternyata, salah satu menu yang mereka makan adalah steak. Satu porsi steak berkisar 200 hingga 500 gram daging. Ini berarti mereka memakan batas aman memakan daging merah dalam waktu satu kali makan saja.

Untuk menyeimbangkan konsumsi daging, pastikan Anda mengonsumsi cukup serat dan karbohidrat. Sekarang Anda sudah tahu rekomendasi batas aman konsumsi daging merah. Makan daging secukupnya, ya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.