Hasil Tes Covid dari Alat RT-LAMP BRIN Diklaim Bisa Keluar Kurang dari Satu Jam

Kompas.com - 22/01/2022, 09:02 WIB


KOMPAS.com - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) resmi meluncurkan alat deteksi Covid-19 alternatif yang disebut Reverse Transcription-Loop Mediated Isothermal Amplification (RT-LAMP). Artinya, masyarakat sudah bisa mengakses alat tes Covid tersebut.

Dalam konferensi pers virtual, Jumat (21/1/2022) Peneliti Kimia BRIN Tjandrawati Mozef mengatakan bahwa hasil tes Covid dari kit RT-LAMP bisa didapatkan lebih cepat, yaitu kurang dari satu jam.

Dia menjelaskan, berbeda dengan tes PCR pada umumnya RT-LAMP BRIN bekerja dengan sederhana, di mana sampel yang diuji tidak perlu dibawa ke laboratorium.

"RT-LAMP bekerja terhadap waktu, karena suhunya konstan jadi tidak ada siklus suhu. Kita set (waktunya) 40 menit sudah langsung keliatan (hasilnya)," ujar Tjandrawati.

Baca juga: Alat Tes Covid-19 RT-LAMP dari BRIN Kantongi Izin Edar, Diklaim Mampu Deteksi Omicron

 

Pada kesempatan yang sama, Peneliti di Pusat Riset Fisika BRIN Dr Agus Sukarto Wismogroho menjelaskan alat tes Covid RT-LAMP menggunakan sampel ekstrak RNA yang dapat dideteksi secara kualitatif dan tingkat akurasinya dinilai sangat baik.

"Selama sampelnya mengandung RNA virus, kit RT-LAMP bisa mendeteksinya, baik sampel tersebut berasal dari nasofaring atau saliva," katanya.

Dijelaskan Tjandrawati, pengetesan virus corona menggunakan alat tes Covid-19 RT-LAMP yang dikembangkan BRIN ini, sebenarnya sama dengan RT-PCR yakni menggunakan swab hidung atau tenggorokan.

Baca juga: Setara PCR, Alat Tes Covid-19 Ini Hanya Menggunakan Sampel Air Liur

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.