Kompas.com - 19/01/2022, 19:02 WIB


KOMPAS.com - Cicak adalah salah satu hewan yang memiliki keunikan, termasuk bisa memutuskan ekornya ketika dalam bahaya atau autotomi, serta bisa menempel di dinding. Hewan ini pun biasa kita jumpai di rumah maupun lingkungan sekitar.

Anda mungkin pernah mengamati cecak atau cicak yang merayap dan menempel di rumah.

Cicak memang dikenal memiliki kemampuan untuk merayap di dinding vertikal, bahkan bergantung secara terbalik seperti melawan gravitasi.

Lantas, bagaimana cicak bisa menempel di dinding?

Dilansir dari Science ABC, Senin (3/1/2022) cicak di dinding dapat menempel karena kakinya yang ditutupi oleh ratusan rambut halus mikroskopis kecil yang disebut setae.

Baca juga: Ternyata Cicak Hewan yang Pemilih

 

Rambut-rambut halus pada cicak tersebut memiliki bantalan kecil di ujungnya yang dikenal dengan spatulae, berdiameter sekitar sepersepuluh dari ukuran rambut manusia.

Menariknya, bantalan kecil ini dapat meningkatkan luas permukaan kaki cicak agar bisa menempel dengan erat di dinding dan membantunya untuk bisa merayap.

Biasanya cicak menggunakan gerakan memutar untuk menempelkan dan melepaskan kaki mereka dari suatu permukaan seperti langit-langit rumah.

Sebab, menempelkan kakinya saja tidak akan menahan mereka untuk tidak jatuh.

Cicak juga diketahui menempelkan dan melepaskan kaki mereka di suatu permukaan sekitar 15 kali per detik.

Baca juga: Cara Cicak Berkembang Biak

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.