Kompas.com - 02/12/2021, 18:32 WIB
Kerangka Ardipithecus ramidus yang ditemukan di Awash, Ethiopia. Sampel untuk meneliti evolusi gigi taring manusia, sebagian diambil dari fosil manusia purba ini. PvE/Alamy via NEW SCIENTISTKerangka Ardipithecus ramidus yang ditemukan di Awash, Ethiopia. Sampel untuk meneliti evolusi gigi taring manusia, sebagian diambil dari fosil manusia purba ini.

KOMPAS.com - Manusia modern laki-laki memiliki gigi taring terkecil di antara semua kera besar jantan yang ada. Padahal peneliti percaya pada mulanya nenek moyang manusia memiliki ukuran gigi taring yang jauh lebih besar.

Lalu kemana hilangnya gigi taring besar itu?

Menurut peneliti, ukuran gigi taring manusia menyusut seiring waktu. Namun tak jelas dalam sejarah evolusi kita, karena fosil yang berumur beberapa juta tahun tak memiliki DNA yang dapat diurutkan serta menentukan jenis kelaminnya.

Untuk mengetahui dan memahami kapan proses penyusutan itu terjadi, peneliti pun melakukan serangkaian studi.

Mengutip New Scientist, Kamis (2/12/2021) penelitian yang dipimpin oleh Gen Suwa dari Universitas Tokyo, Jepang ini mengumpulkan dan mempelajari lebih dari 300 fosil gigi hominin yang mewakili lebih dari 6 juta tahun evolusi.

Di antara gigi tersebut, 24 gigi taring di antaranya berasal dari Ardipithecus ramidus yang merupakan salah satu hominin tertua yang diketahui dan hidup sekitar 4,5 juta tahun yang lalu.