Kompas.com - 02/12/2021, 16:31 WIB
Ilustrasi komet Leonard. Sepanjang Desembe 2021, Komet Leonard akan melintas dekat Bumi. Cara melihat komet ini tidak perlu menggunakan alat bantu optik, asalkan kondisi langit cerah. SHUTTERSTOCK/TriffIlustrasi komet Leonard. Sepanjang Desembe 2021, Komet Leonard akan melintas dekat Bumi. Cara melihat komet ini tidak perlu menggunakan alat bantu optik, asalkan kondisi langit cerah.


KOMPAS.com - Bulan Desember ini menjadi momen yang tepat untuk dapat mengamati atau menyaksikan Komet C/2021, atau Komet Leonard yang akan melintas dekat Bumi. Cara melihat komet ini, dapat disaksikan secara langsung tanpa bantuan alat optik.

Komet C/2021 A1 (Leonard) adalah komet berperiode panjang yang ditemukan oleh G.J. Leonard di  Observatorium Mount Lemmon pada 3 Januari 2021 silam. 

Periode orbit komet ini mencapai 80.000 tahun dengan kemiringan orbit 132,68 derajat atau bergerak secara retrograd. 

Peneliti di Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Andi Pangerang mengatakan, komet ini akan melintas dekat Bumi pada 12 Desember 2021 nanti.

Komet Leonard akan melintas dengan jarak terdekatnya dari Bumi sejauh 0,233 satuan astronomi (sa) atau 34.857.000 km. 

"Saat melintas dekat Bumi, magnitudo komet Leonard mencapai +2,1 (data diperbarui 1 Desember 2021) yang menandakan bahwa komet ini dapat disaksikan tanpa menggunakan alat bantu optik," jelas Andi kepada Kompas.com, Rabu (1/12/2021).

Baca juga: Studi Sebut Komet yang Tabrak Bumi Bantu Memicu Lahirnya Peradaban

 

Secara umum, kata dia, cara melihat Komet Leonard ini dapat disaksikan langsung saat pagi atau fajar hari sejak tanggal 1-11 Desember 2021. Pada tanggal 12 Desember, ketinggian komet terlalu rendah saat terbit Matahari sehingga sulit untuk diamati. 

"Setelah komet Leonard mencapai titik terdekat dengan Bumi, ketampakan komet berubah dari semula pagi hari menjadi petang hari," jelasnya.

Pada tanggal 13 Desember, ketinggian komet terlalu rendah saat terbenam Matahari sehingga sulit untuk diamati. 

Sedangkan, Komet Leonard baru dapat disaksikan pada petang hingga malam hari sejak tanggal 14-31 Desember 2021. 

Cara melihat Komet Leonard

Saat melihat komet Leonard melintasi Bumi sepanjang Desember ini, magnitudo maksimum Komet Leonard menurut perhitungan Gideon van Buitenen mencapai +1,2. Andi berkata bahwa perhitungan ini berdasarkan pengamatan terakhir pada 29 November 2021.

Baca juga: Komet Neowise Akan Melintasi Bumi, Tak Akan Kembali dalam 6.800 Tahun

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.