Studi Ungkap Pohon di Perkotaan Turunkan Suhu Permukaan Tanah hingga 12 Derajat Celcius

Kompas.com - 30/11/2021, 20:05 WIB
Ilustrasi Pohon Unsplash/Niko PhotosIlustrasi Pohon

KOMPAS.com - Tim peneliti dari Institute for Atmospheric and Climate Science, ETH Zurich menemukan bukti yang terkait dengan fungsi keberadaan pohon di wilayah perkotaan.

Menurut studi tersebut, pohon di perkotaaan dapat menurunkan suhu permukaan tanah hingga 12 derajat Celcius.

Mengutip Phys, Selasa (30/11/2021) kota biasanya lebih panas daripada daerah sekitarnya karena hamparan aspal dan semen yang lebih banyak yang menyerap panas.

Baca juga: Pohon Tertua di Dunia, Usianya Hampir 5.000 Tahun

Penelitian sebelumnya mengungkapkan kalau menambahkan ruang hijau di kota dapat membantu mengurangi suhu udara yang tinggi selama bulan-bulan yang lebih panas.

Namun dalam studi terbaru ini, peneliti ingin melihat dampak keberadaan pohon terhadap suhu di permukaan tanah. Suhu seperti itu tak terasa setajam suhu udara karena berada di bawah kaki.

Untuk mengetahuinya, peneliti menganalisis citra satelit ratusan kota di seluruh Eropa yang dilengkapi dengan sensor suhu permukaan tanah.

Peneliti lantas membandingkan suhu permukaan tanah di beberapa bagian kota yang tertutup poohon dengan daerah perkotaan terdekat serupa yang tak ditumbuhi pohon.

Perbandingan juga dilakukan dengan menganalisis pedesaan yang mencakup padang rumput dan lahan pertanian.

Hasilnya, peneliti menemukan kalau daerah perkotaan dengan popohonan biasanya memiliki suhu permukaan tanah dua hingga empat kali lebih dingin daripada daerah serupa yang tak memiliki tutupan pohon.

Hal ini membuat peneliti mencatat bahwa pohon mampu menjaga tanah lebih dingin karena keteduhan yang mereka berikan dan membantu mengurangi suhu permukaan bangunan dengan cara yang sama.

Temuan ini dipublikasikan dalam jurnal Nature Communications.

Baca juga: Hyperion, Pohon Tertinggi di Dunia yang Hampir Ditebang

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.