Kompas.com - 30/11/2021, 19:30 WIB
Pemberian imunisasi dasar anak sesuai jadwal tetap perlu diusahakan meski dalam kondisi pandemi. SHUTTERSTOCKPemberian imunisasi dasar anak sesuai jadwal tetap perlu diusahakan meski dalam kondisi pandemi.

KOMPAS.com - Para orangtua diminta untuk melengkapi imunisasi dasar anak-anaknya, sebelum pemberian vaksin Covid-19.

Hal ini disampaikan oleh Executive Director International Paediatrics Association (IPA) & President Asia Pacific Paediatric Association (APPA), Prof Dr dr Aman Bhakti Pulungan SpA(K) dalam Media Briefing: Dukungan Multisektoral untuk Kejar Imunisasi, Senin (29/11/2021).

"Kita mau imunisasi rutin didahulukan, baru nanti diimunisasi Covid-19," kata Aman.

Baca juga: Rentan Jadi Agen Penularan, Ini Pentingnya Vaksin Influenza bagi Anak-anak

Menurut Aman, pernyatakan tersebut bukan tanpa alasan, dan merupakan masukan yang perlu dipertimbangkan, serta akan disampaikan kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Ia mengingatkan, mengabaikan imunisasi rutin pada anak berisiko memicu kejadian luar biasa (KLB) di masa depan.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua UMUM Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dr Piprim Basarah Yanuarso SpA(K) dalam kesempatan yang sama.

Piprim mengatakan, jangan sampai karena kita memburu vaksin Covid-19, tetapi justru orangtua melupakan vaksin penting yang harusnya diberikan untuk anak-anaknya.

"Jangan sampai kita lupakan bahwa karena kita memburu vaksin Covid-19, vaksin penting rutinnya justru terabaikan," ujarnya.

Ia menambahkan, ketika vaksinasi sudah menjadi program pemerintah, maka penyakit yang dicegah merupakan penyakit yang bisa menyebabkan kecatatan ataupun kematian bagi anak-anak.

Sebagian besar vaksinasi atau imunisasi wajib untuk anak-anak bertujuan untuk menghindari penyakit penyebab kecatatan itu, yang telah terjadi dan terbukti secara ilmiah di tahun-tahun sebelumnya.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.