Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vaksin Pfizer untuk Anak 5 Tahun Dimulai Pekan Depan, Berapa Efikasi Vaksin Ini?

Kompas.com - 02/11/2021, 12:40 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber CNN


KOMPAS.com - Akhirnya, badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat (FDA) mengeluarkan izin penggunaan darurat (EUA) vaksin Covid-19 buatan Pfizer/BioNTech untuk anak usia 5 tahun hingga 11 tahun yang akan mulai digunakan 8 November, pekan depan.

Ini adalah vaksin Covid-19 pertama yang diizinkan untuk digunakan pada anak-anak yang lebih kecil.

Dilansir dari CNN, Selasa (2/11/2021), vaksin Pfizer untuk anak usia 5 tahun ke atas, akan menerima sepertiga dosis vaksin yang digunakan pada anak remaja usia 12 tahun ke atas.

Dalam uji klinis vaksin Pfizer untuk anak 5 tahun hingga 11 tahun, efikasi vaksin berbasis messenger RNA (mRNA) itu dapat memberi perlindungan hingga 90 persen terhadap Covid-19 bergejala.

Pfizer berharap, dengan dosis vaksin Covid-19 mRNA yang lebih rendah dapat meminimalkan efek samping vaksin tersebut pada anak yang lebih kecil.

Baca juga: FDA Izinkan Vaksin Covid-19 Pfizer untuk Anak Usia 5 hingga 11 Tahun

 

Kendati vaksin Pfizer telah mendapat lampu hijau FDA untuk dapat digunakan pada anak 5 tahun ke atas pada pekan lalu, namun vaksinasi Covid-19 pada anak usia tersebut dijadwalkan dilakukan dimulai pada 8 November.

"Program vaksinasi Covid-19 Amerika Serikat untuk anak-anak usia 5 tahun hingga 11 tahun akan berjalan pada minggu depan," kata Koordinator Tanggapan Virus Corona Gedung Putih Jeff Zients selama pengarahan virtual Gedung Putih, dikutip dari CNN, Senin (1/1/2021).

Sebelumnya, vaksin Pfizer diberikan izin untuk digunakan secara darurat pada anak remaja usia 12 tahun hingga 15 tahun, setelah vaksin Covid-19 mRNA itu diizinkan untuk digunakan pada orang usia 16 tahun ke atas.

Presiden American Academy of Pediatrics, Dr. Lee Savio Beers mengatakan bahwa otorisasi vaksin untuk anak kecil merupakan langkah penting dalam menjaga kesehatan mereka dan memberikan ketenangan pikiran bagi keluarga mereka.

"Vaksin akan membuat anak-anak aman untuk mengunjungi teman dan anggota keluarga, merayakan pertemuan liburan, dan untuk melanjutkan masa kanak-kanak yang normal. kegiatan yang mereka lewatkan selama pandemi," kata Dr Beers diberitakan CNN.

Baca juga: Pfizer Ajukan Izin Darurat Vaksin Covid-19 untuk Anak Usia 5 hingga 11 Tahun

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com