[POPULER SAINS] Apa Itu Pneumonia yang Dialami Ameer Azzikra | Kenapa Komodo Hanya Hidup di Indonesia?

Kompas.com - 30/11/2021, 07:00 WIB
Tangkapan layar berita populer Sains sepanjang Senin (29/11/2021) hingga Selasa (30/11/2021) pagi. Mulai dari meninggalnya Ameer Azzikra karena pneumonia, 6 hal yang harus diperhatikan saat nataru karena ada Omicron, gejala Omicron, hingga kenapa komodo hanya hidup di Indonesia. Kompas.comTangkapan layar berita populer Sains sepanjang Senin (29/11/2021) hingga Selasa (30/11/2021) pagi. Mulai dari meninggalnya Ameer Azzikra karena pneumonia, 6 hal yang harus diperhatikan saat nataru karena ada Omicron, gejala Omicron, hingga kenapa komodo hanya hidup di Indonesia.

KOMPAS.com - Varian baru Omicron yang sedang menjadi pusat perhatian dunia mengingatkan kita bahwa penyebaran Covid-19 masih ada.

Apalagi varian ini disebut 5 kali lipat lebih menular dibanding varian lain. Oleh karenanya, ada hal yang harus diperhatikan ketika kita bepergian saat libur natal dan tahun baru nanti.

Selain itu, dokter yang pertama kali mencurigai jenis Covid-19 di Afrika Selatan juga memaparkan bagaimana gejala terpapar Covid-19 dengan varian Omicron.

Meninggalnya putra kedua mendiang Ustaz Arifin Ilham, Ameer Azzikra, karena masalah pneumonia pun mendapat perhatian publik. Sebenarnya apa itu pneumonia dan bagaimana gejalanya?

Topik menarik lain yang tidak ketinggalan adalah tentang komodo. Kenapa ya reptil raksasa ini hanya hidup di Indonesia?

Berikut rangkuman berita populer Sains sepanjang Senin (29/11/2021) hingga Selasa (30/11/2021) pagi.

Ada Omicron, perhatikan 6 hal ini sebelum bepergian saat nataru

Menyadari kondisi saat ini masih mengkhawatirkan, karena banyak hal yang belum diketahui secara pasti akibat infeksi varian baru B.1.1.529 Omicron ini, ahli epidemiologi Dicky Budiman merekomendasikan untuk mempertimbangkan enam hal berikut sebelum bepergian selama libur Natal dan Tahun Baru (nataru) mendatang.

  • Batasi mobilitas
  • Pengaturan ketat perjalanan
  • Pengetatan protokol kesehatan di tempat publik
  • Protokol kesehatan di transportasi
  • Jangan pergi kalau sakit
  • Jangan liburan ke luar negeri

Baca penjelasan selengkapnya di sini:

Varian Baru Omicron 500 Persen Lebih Menular, Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Bepergian Saat Nataru

Gejala Omicron disebut sangat ringan

Seorang dokter di Afrika Selatan, yang menjadi salah satu orang pertama yang mencurigai ada varian baru Covid-19, mengatakan bahwa gejala varian Omicron sejauh ini ringan dan pasien dapat dirawat di rumah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.