Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Bintang Pollux yang Akan Sejajar dengan Bulan Malam Ini

Kompas.com - 23/11/2021, 18:31 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Malam ini, jika melihat cahaya kecil layaknya bintang ada di dekat bulan, itu tandanya Anda melihat Pollux, si bintang raksasa merah di konstelasi Gemini.

Peneliti di Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Andi Pangerang mengatakan, mulai malam ini bintang Pollux akan berkonjungsi dan sejajar dengan Bulan.

Meskipun puncak konjungsi Bulan dan bintang Pollux akan terjadi pada pukul 10.22 WIB, 11.22 Wita, 12.22 WIT, Rabu (24/11/2021) dengan sudut pisah  2,5 derajat. 

"Fenomena ini sudah dapat disaksikan sejak pukul 21.30 malam sebelumnya (23 November) hingga akhir fajar bahari (25 menit sebelum terbit Matahari) dari arah timur-timur laut hingga barat laut dengan sudut pisah antara 5,9 derajat-3,7 derajat," kata Andi kepada Kompas.com, Sabtu (30/10/2021).

Pada saat fenomena konjungsi Bulan dan bintang merah raksasa ini terjadi, Bulan berfase Benjol Akhir (Bulan Susut) dengan iluminasi 84,3 persen -83,0 persen sedangkan Pollux bermagnitudo +1,15.

Baca juga: Besok Subuh, Ada Bintang Raksasa Merah Pollux Berkonjungsi dan Bulan

 

Mengenal bintang Pollux

Bintang Pollux yang akan sejajar dengan Bulan malam ini, merupakan bintang paling terang ke-17 setelah Spica dan terletak di konstelasi Gemini.  

Nama Pollux berasal dari mitologi Yunani yang artinya sepasang laki-laki kembar bernama Castor dan Pollux. 

Andi berkata bahwa kecerlangan visual bintang Pollux adalah sebesar +1,14 dengan kelas spectral K0III, sehingga digolongkan sebagai bintang raksasa merah. 

"Bintang Pollux adalah bintang paling terang pertama di langit malam yang memiliki sistem keplanetan seperti di tata surya," kata Andi.  

Baca juga: Fenomena Langit Malam Ini, Konjungsi Bintang Raksasa Merah Pollux dan Bulan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com