Kompas.com - 04/11/2021, 18:45 WIB

KOMPAS.com - Dalam tubuh kita ada dua jenis kolesterol, yaitu High-density lipoprotein (HDL) yang dikenal sebagai kolesterol baik dan Low-density lipoprotein (LDL) yang dikenal sebagai kolesterol jahat.

Kolesterol HDL membantu menghilangkan kolesterol jahat (LDL) dari aliran darah, untuk membantu organ kita berfungsi dengan baik.

Sedangkan kadar kolesterol LDL yang tinggi dapat merusak arteri, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung, serangan jantung, meningkatkan risiko stroke dan penyumbatan arteri.

Baca juga: 6 Mitos Kolesterol, Jangan Dipercaya

Jika dokter telah memberi tahu Anda untuk menurunkan kolesterol jahat, inilah saatnya untuk rutin berolahraga.

Menurut ahli jantung dari Cleveland Clinic, dr Leslie Cho, MD, sangat bagus untuk memulai olahraga ketika Anda harus menurunkan kolesterol jahat.

“Tapi tidak berhenti di situ. Penting untuk menggabungkan olahraga dengan pilihan pola makan dan gaya hidup yang lebih sehat untuk mendapatkan dampak yang besar,” ujar Cho.

Peran olahraga untuk menurunkan kadar kolesterol

Olahraga bekerja menghilangkan kolesterol LDL - lemak yang berbahaya, dengan meningkatkan kolesterol HDL.

Selain olahraga, menurunkan berat badan dan diet tinggi lemak trans juga membantu meningkatkan HDL.

Menurut American Heart Association, kolesterol tinggi disebabkan oleh dua elemen gaya hidup yang berjalan beriringan, yaitu kurang olahraga dan kelebihan berat badan.

Dari alasan tersebut, jelas terjawab mengapa olahraga bisa menjadi solusi tepat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Olahraga terbaik untuk menurunkan kolesterol

1. Jalan cepat atau joging

Tidak perlu berjalan di treadmill dengan kecepatan penuh. Faktanya, jika Anda tidak terbiasa berlari, kelebihan berat badan, atau memiliki masalah dengan persendian, itu bisa lebih berbahaya bagi tubuh Anda ketimbang mendapatkan manfaatnya.

Mulailah dengan berjalan santai di sekitar blok perumahan, lalu berjalan lebih jauh, lalu joging lambat.

Anda tidak hanya akan menurunkan kolesterol tinggi, tetapi juga akan menurunkan tekanan darah Anda.

2. Bersepeda

Bersepeda adalah salah satu olahraga yang menyenangkan. Anda bisa berkeliling dengan sepeda bersama keluarga atau teman-teman.

Bersepeda dapat membakar kalori sebanyak jogging, tetapi lebih nyaman untuk lutut Anda. Yang harus Anda lakukan adalah menemukan sepeda berukuran tepat dan nyaman, kemudian pergi berkeliling dengan sepeda ke tempat yang Anda inginkan.

Selain membuat suasana hati lebih baik, kadar kolesterol Anda juga akan turun jika Anda melakukannya secara rutin.

Baca juga: Ketahui Penyebab Kolesterol Tinggi

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.