Kompas.com - 02/11/2021, 17:31 WIB


KOMPAS.com - Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didiagnosis mengidap kanker prostat stadium awal. SBY rencananya akan menjalani perawatan medis di luar negeri.

Staf Pribadi SBY, Ossy Dermawan mengatakan bahwa SBY akan melakukan perawatan medis di sebuah rumah sakit di luar negeri, dan hal ini telah disampaikan SBY kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Presiden Jokowi juga akan mengirimkan tim dokter kepresidenan untuk perawatan kanker prostat yang dialami SBY.

"Satu dua anggota tim dokter Kepresidenan akan mendampingi dalam pengobatan tersebut," ujar Ossy seperti diberitakan Kompas.com, Selasa (2/11/2021).

Sebelumnya, Ossy menjelaskan bahwa SBY didiagnosis mengidap kanker prostat setelah pemeriksaan melalui MRI, biopsi, positron emission tomography (PET) spesific membrane
antigen (SMA) scan dan lainnya.

Baca juga: SBY Idap Kanker Prostat, Kenali Tanda-tanda Kanker yang Menyerang Pria

 

"Sesuai dengan diagnosa dari tim dokter, Bapak SBY mengalami kanker prostat (prostate cancer). Kanker prostat yang diderita oleh Bapak SBY masih berada dalam tahapan (stadium) awal," kata Ossy.

Faktor risiko kanker prostat

Kanker prostat adalah jenis kanker yang umum pada pria, tetapi kanker ini sangat dapat diobat apabila diketahui pada kondisi awal.

Penyakit ini dimulai di kelenjar prostat, yang berada di antara penis dan kandung kemih.

Siapa yang berisiko terkena kanker prostat?

Dilansir dari WebMD, semua pria berisiko mengalami atau terkena penyakit kanker prostat.

Satu dari sembilan orang, bahkan bisa didiagnosis menderita kanker prostat selama hidup mereka, namun, hanya satu dari 39 orang yang akan meninggal karena penyakit ini.

Artinya, saat kanker prostat diketahui lebih awal, seperti yang dialami kanker prostat SBY yang masih stadium awal, maka perawatan medis untuk mengobati penyakit ini akan jauh lebih mudah, dan pasien bisa sembuh.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Kanker Prostat, Penyakit yang Diidap SBY

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber WebMD


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.