Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/11/2021, 21:02 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comAlbumin adalah protein utama penyusun plasma darah. Albumin memiliki peranan penting untuk menjaga tekanan darah dan membawa zat-zat yang dibutuhkan tubuh, seperti hormon dan obat-obatan.

Penting untuk memenuhi kebutuhan albumin. Kadar albumin normal di dalam darah adalah 4 gram per desiliter (g/dL).

Jika kadar albumin terlalu rendah, darah bisa kehilangan kemampuannya untuk menyebarkan zat-zat ke seluruh tubuh. Hal tersebut bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Orang yang mengalami kekurangan albumin biasanya mengalami bengkak pada kaki dan tangan, mudah lelah, jantung berdebar-debar, mual, muntah, tidak nafsu makan, dan kulit terasa gatal.

Baca juga: Disebut Dapat Bantu Terapi Covid-19, Efektivitas Konsumsi Ekstrak Ikan Gabus Diteliti

Makanan yang mengandung albumin

Untuk menjaga agar tubuh memiliki albumin yang cukup untuk melaksanakan fungsi tubuh dengan baik, maka Anda perlu mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung albumin.

Albumin terkandung di dalam berbagai sumber protein. Umumnya, orang yang memakan cukup protein setiap harinya akan mencukupi kebutuhan harian albumin mereka. Rata-rata orang dewasa membutuhkan protein sebanyak 0,8 gram per kilogram berat badan per hari.

Dilansir dari Medical News Today, berikut adalah makanan yang mengandung albumin tinggi.

Namun, pada beberapa kasus tertentu, albumin akan lebih sulit diserap tubuh dan tetap memerlukan suplemen albumin. Cara lainnya adalah dengan mengatasi penyakit penyerta yang mungkin mempengaruhi kadar albumin.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com