Kompas.com - 01/11/2021, 19:02 WIB
Black caiman Wikimedia CommonsBlack caiman
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Black caiman (Melanosuchus niger) adalah spesies caiman terbesar dan termasuk hewan yang berbahaya. Selain itu, black caiman juga dinobatkan sebagai predator terbesar di lembah Amazon.

Panjang maksimum seekor black caiman adalah 4,5 meter, sementar spesies caiman lainnya memiliki panjang tubuh sekitar 1,2-2,1 meter.

Habitat black caiman tersebar di Bolivia, Brasil, Kolombia, Ekuador, Guyana Prancis, Guyana, Peru, dan Venezuela.

Biasanya, black caiman hidup di habitat air tawar seperti sungai yang tenang, danau, sabana yang tergenang air, dan lahan basah.

Fakta-fakta black caiman

Selengkapnya, dilansir dari Animal Corner, berikut adalah fakta-fakta tentang black caiman:

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Buaya dan Aligator

1. Ciri fisik black caiman

Secara umum, black caiman mirip dengan aligator Amerika. Sesuai dengan namanya, black caiman memiliki kulit berwarna gelap.

Rahang bawah black caiman memiliki “pita” berwarna abu-abu dan terdapat “pita” kuning pucat atau putih di seluruh tubuhnya.

Warna “pita” tersebut akan memudar seiring waktu dan paling menonjol saat caiman di tahap remaja. Selain itu, black caiman memiliki tonjolan tulang di atas matanya.

Warna kulit black caiman yang gelap membantunya untuk berkamuflase saat berburu di malam hari sekaligus membantunya menyerap panas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.