RS Pondok Indah Group

RS Pondok Indah Group adalah grup rumah sakit swasta yang mengelola tiga rumah sakit, yakni RS Pondok Indah - Pondok Indah, RS Pondok Indah - Puri Indah, dan RS Pondok Indah - Bintaro Jaya. Ketiga rumah sakit ini didukung para dokter ahli dari berbagai disiplin ilmu serta mengadopsi teknologi medis terkini untuk memberikan pelayanan kesehatan yang prima dan terdepan.

Anak Kejang Demam, Apa yang Harus Dilakukan?

Kompas.com - 24/10/2021, 20:49 WIB
Baru Jadi Ortu

Waswas soal tumbuh kembang si kecil?

Sigap konsultasi ke dokter anak via Kompas.com

Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

KOMPAS.com - Kejang demam adalah kejang yang dipicu oleh demam. Seringkali demam disebabkan oleh infeksi.

Kejang demam terjadi pada anak-anak yang memiliki perkembangan normal dan belum pernah mengalami gejala neurologis sebelumnya.

Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah dr. AAA. Putu Indah Pratiwi, Sp.A mengatakan, biasanya demam terjadi pada fase akut demam, yaitu hari-hari pertama demam.

Baca juga: Kejang Demam pada Anak, Gejala, dan Cara Mencegahnya

“Kata kuncinya, sebelum kejang harus ada demam,” ujar dr. Putu kepada Kompas.com.

“Anak yang mengalami kejang demam mempunyai riwayat kejang demam dalam keluarganya, bisa pada ayah, ibu, kakek dan nenek, atau om, dan tantenya,” lanjutnya.

Lebih lanjut ia menjelasakan, kejang demam biasanya terjadi pada rentang usia anak 6 bulan-5 tahun, rata-rata terjadi di usia 12-18 bulan.

Kejang demam jarang berulang dalam 24 jam. Apabila kejang demam terjadi di bawah usia 1 tahun, 50 persen bisa berulang di kemudian hari.

Sementara, kejang demam yang terjadi pada anak di atas usia 1 tahun, 30 persen kejang demam dapat berulang.

Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah dr. AAA. Putu Indah Pratiwi, Sp.Adok. RSPI Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah dr. AAA. Putu Indah Pratiwi, Sp.A

Berikut gejala kejang demam:

- Timbul mendadak

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.