Kompas.com - 25/10/2021, 10:05 WIB

KOMPAS.com - Sebuah batu rubi yang terbentuk di kerak bumi 2,5 miliar tahun lalu menyimpan bukti awal kehidupan.

Ahli geologi telah mengidentifikasi residu bentuk karbon murni yang disebut grafit terperangkap di dalam batu mulia yang ditemukan di Greenland itu.

Menurut peneliti, grafit ini kemungkinan besar berasal dari sisa-sisa mikrooraganisme purba dari waktu sebelum kehidupan multiseluler muncul di Bumi.

Baca juga: Petunjuk Kehidupan Purba di Mars, Mineral Danau di Turki Mirip di Kawah Jezero

"Grafit di dalam batu rubi ini benar-benar unik. Ini pertama kalinya kami melihat bukti kehidupan purba di batuan tersebut," kata Chris Yakymchuk, ahli geologi dari University of Waterloo di Kanada.

Yakymchuk juga menyebut kehadiran grafit juga bisa memberi lebih banyak petunjuk untuk menentukan bagaimana batu rubi terbentuk di Bumi.

Mengutip Science Alert, Minggu (24/10/2021) rubi merupakan berbagai mineral korundum atau bentuk kristal dari alumunium oksida.

Batu terbentuk di bawah panas dan tekanan yang kuat di batas tektonik Bumi, di mana subduksi tektonik dan tabrakan menciptakan lingkungan yang diperlukan.

Batu kemudian bercampur dengan unsur langka kromium. Semakin banyak jumlahnya, maka semakin merah permatanya.

Seperti semua mineral, tingkat kemurnian dan kejernihan rubi juga bervariasi. Proses pembentukannya juga dapat menyebabkan adanya ketidakmurnian atau inklusi.

Itu mungkin membuat batu kurang cocok untuk perhiasan tapi dapat digunakan untuk keperluan sains.