Kompas.com - 21/10/2021, 10:05 WIB
Hiu Greenland. Ilmuwan mengungkap bahwa hewan yang hampir buta itu bisa hidup hingga setengah milenium. Franco Banfi/GettyHiu Greenland. Ilmuwan mengungkap bahwa hewan yang hampir buta itu bisa hidup hingga setengah milenium.

KOMPAS.com - Hiu Greenland (Somniosus microcephalus) termasuk dalam keluarga hiu yang disebut hiu tidur, karena mereka bergerak perlahan dan sembunyi-sembunyi di dalam air.

Mereka disebut sebagai vertebrata atau hewan dengan tulang punggung yang hidup paling lama sebab mampu bertahan hingga ratusan tahun di perairan yang dalam dan dingin di Samudra Arktik dan Atlantik Utara.

Para ilmuwan masih terus mempelajari lebih banyak tentang hiu misterius yang jarang bertemu manusia ini, berhubung masih banyak yang tidak diketahui seputar gaya hidup mereka.

Baca juga: 6 Fakta Unik Hiu Megalodon, Binatang dengan Rahang Paling Kuat

Meski begitu ada beberapa fakta yang telah diketahui seputar hewan ini, apa saja? Berikut ulasannya seperti dikutip dari Live Science, Rabu (20/10/2021).

1. Tumbuh hingga 7 meter

Hiu Greenland termasuk salah satu hiu terbesar di dunia. Mereka bisa tumbuh hingga 7,3 meter dengan berat mencapai 1.200 kilogram.

Hiu memiliki tubuh silindris yang bisa berwarna hitam, cokelat, abu-abu, atau campuran ketiga warna itu. Mereka juga memiliki bintik-bintik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hiu Greenland mempunyai sisik seperti gigi yang disebut dentikel dermal, fungsinya membantu hiu bergerak lebih diam di air. Selain itu hiu memiliki 48 hingga 52 gigi di rahang atasnya dan 50 hingga 52 gigi di rahang bawahnya.

Gigi atas yang runcing membantunya mencengkeram makanan yang lebih besar. Sedangkan gigi bawah yang lebar dan melengkung dapat membantu memotong daging mangsanya.

2. Bisa hidup ratusan tahun

Rentang hidup pasti hiu Greenland tak diketahui, tetapi mereka dianggap sebagai hiu sekaligus vertebrata yang hidup paling lama di dunia.

Studi mengenai jaringan mata hiu yang diterbitkan dalam jurnal Science memperkirakan jika mereka memiliki rentang maksimum 272 tahun. Tetapi, perkiraan itu memiliki margin kesalahan yang menyebabkan ada spekulasi bahwa hiu dapat hidup hingga 512 tahun.

Para ilmuwan belum tahu bagaimana hiu Greenland bisa hidup begitu lama, tetapi mungkin terkait dengan cara hidup mereka yang lambat. Sebagai informasi, mereka tumbuh 1 sentimeter per tahun dan memiliki metabolisme yang lambat.

3. Hidup di lautan Arktik dan Atlantik Utara

International Union for Conservation of Nature (IUCN) menyebut, jika Hiu Greenland hidup di lautan Arktik dan Atlantik Utara dari Amerika Utara hingga Greenland dan dari Portugal hingga Laut Siberia Timur.

Hiu juga memiliki jangkauan yang luas dan dapat ditemukan berenang dari permukaan hingga kedalaman 2.647 m.

4. Makan makanan yang bervariasi

Hiu Greenland makan makanan bervariasi mulai dari ikan, hiu lain, belut, dan mamalia laut seperti anjing laut.

Dalam perut hiu bahkan pernah ditemukan beragam hewan darat seperti kuda dan rusa. Kemungkinan hiu memakan mereka saat hewan darat itu mati tenggelam.

Baca juga: Mengenal Hiu Aneh Berwajah Babi yang Langka dan Terancam Punah

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.