Kompas.com - 23/09/2021, 17:30 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Sebuah studi baru mengungkapkan, jika beberapa dinosaurus mengibaskan ekornya untuk membantu mereka berlari.

Sebelumnya peneliti berasumsi, jika ekor besar dinosaurus bipedal (berjalan dengan dua kaki) adalah struktur pasif untuk membantu keseimbangan.

Mengutip Live Science, Kamis (23/9/2021) mencari tahu bagaimana spesies yang punah bergerak di dunia tidaklah mudah, karena hanya tulang dan jejak kaki yang tersisa untuk dianalisis.

Baca juga: Dihantam Asteroid, Bagaimana Ular Bertahan Hidup Kalahkan Dinosaurus?

Tetapi dalam studi baru, peneliti memodifikasi metode simulasi yang digunakan di bidang kedokteran dan kedirgantaraan untuk menyelidiki lebih dalam biomekanik dinosaurus bipedal.

Pertama, mereke melakukan simulasi pada burung Tinamou-ordo burung yang hidup di tanah yang ditemukan di Amerika Tengah dan Selatan. Burung ini juga punya karakteristik mirip dengan dinosaurus bipedal purba.

Kemudian, para peneliti melakukan simulasi pada satu spesies bipedal, Coelophysis bauri. Spesies ini mirip T-rex, berkaki panjang dan hidup selama periode Trias sekitar 251 juta hingga 201 juta tahun lalu.

Dengan simulasi komputer, para peneliti dapat membagi tulang punggung dinosaurus menjadi beberapa segmen, seperti tubuh, kepala, leher, punggung, dan ekor.

Peneliti juga dapat mengaktifkan dan menonaktifkan bagian tubuh untuk mengetahui dengan tepat fungsi setiap bagian tubuh dinosaurus.

Hasilnya, ternyata ekor melakukan lebih dari sekadar sebagai penyeimbang. Ekor memainkan peran penting dalam mengendalikan momentum sudut atau momentum benda yang berputar.

"Setelah menjalankan serangkaian simulasi lebih lanjut yang membuat ekor lebih berat, lebih ringan, dan bahkan tanpa ekor sama sekali, kami dapat secara meyakinkan menunjukkan bahwa mengibaskan ekor adalah cara untuk mengendalikan momentum sudut di seluruh gaya berjalan mereka," jelas Peter Bishop, penulis utama studi.