Kompas.com - 18/09/2021, 10:03 WIB
Ilustrasi planet Mars bersama dua bulannya, Phobos dan Deimos. Mars dijuluki sebagai planet merah. Warna kemerahan Mars disebabkan oleh oksidasi atau proses besi yang mengalami korosi atau berkarat. SHUTTERSTOCK/Elena11Ilustrasi planet Mars bersama dua bulannya, Phobos dan Deimos. Mars dijuluki sebagai planet merah. Warna kemerahan Mars disebabkan oleh oksidasi atau proses besi yang mengalami korosi atau berkarat.


KOMPAS.com - Planet Mars adalah planet yang bersebelahan dengan Bumi. Tetangga terdekat Bumi ini juga dikenal dengan sebutan Planet Merah karena tampilan warnanya. Namun, mengapa Mars berwarna merah?

Rahasia alam semesta menyimpan fakta dari asal-usul warna merah planet Mars.

 

Seperti dilansir dari ZME Science, Jumat (17/9/2021), warna planet Mars disebabkan karena oksidasi besi atau karat, senyawa yang terbuat dari dua atom besi dan tiga atom oksigen.

Karenanya, dewa perang Yunani juga memberikan nama lain Mars, yaitu bintang merah terang apabila planet itu terkadang muncul.

Kendati demikian, masih belum jelas apa penyebab semua oksidasi besi bisa terjadi di permukaan planet Mars.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Foto Mars Diambil Robot Perseverance NASA, Begini Wajah Planet Merah

 

Hanya saja, meski Mars dijuluki sebagai Planet Merah, namun fakta bahwa Mars telah terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun. Planet ini terbentuk dari puing-puing, gas dan debu yang kemudian menyatu. 

Di antara semua unsur tersebut, terdapat banyak besi yang ditempa di jantung bintang yang telah lama mati.

Sama seperti Bumi, Mars juga memiliki banyak material besi. Bedanya, senyawa besi di Bumi tenggelam ke inti Bumi ketika planet ini masih muda dan lembek.

Para ilmuwan berasumsi, akibat gravitasi planet Mars yang lemah, serta ukuran planet yang lebih kecil, menyebabkan besi menjadi lebih sedikit masuk ke inti Mars dan tersisa di kerak atasnya.

Hal itu juga menandakan bahwa planet Mars yang kemudian tampak berwarna merah ini tidak memiliki inti besi.

Baca juga: Air Pernah Mengalir di Mars, Bukti Kehidupan di Planet Merah

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.