Kompas.com - 17/09/2021, 20:32 WIB
Temuan tulang belulang di Gua Contrabandiers, Maroko, menjadi bukti manusia sudah membuat pakaian atau baju sejak 120.000 tahun lalu. Contrebandiers Project, 2009 via PHYSTemuan tulang belulang di Gua Contrabandiers, Maroko, menjadi bukti manusia sudah membuat pakaian atau baju sejak 120.000 tahun lalu.


KOMPAS.com - Kapan tepatnya manusia mulai membuat pakaian? Tak banyak yang tahu soal ini. Namun sebuah studi baru dari temuan tulang belulang, tampaknya berhasil menunjukkan  titik terang sejak kapan manusia mulai memakai baju.

Dalam studinya peneliti merinci lebih dari 60 alat yang terbuat dari tulang, salah satunya dari gigi cetacea yang ditemukan di Gua Contrabandiers dekat Pantai Atlantik Maroko.

Dari analisis alat, peneliti menemukan kalau alat-alat tersebut merupakan bukti pembuatan pakaian paling awal dalam catatan arkeologi.

Temuan ini juga sekaligus bukti budaya kompleks, serta pembuatan khusus di pan-Afrika.

Baca juga: Cara Mencuci Baju Pasien Covid-19, Atur Suhu Airnya

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengutip Phys, Jumat (17/9/2021) penemuan baju dan pengembangan alat-alat yang diperlukan untuk membuatnya sendiri merupakan tonggak sejarah umat manusia.

Tidak hanya menunjukkan langkah dalam evolusi budaya dan kognitif, para arkeolog juga percaya bahwa pakaian sangat penting dalam memungkinkan manusia purba untuk memperluas ceruk mereka dari Pleistosen Afrika ke lingkungan baru dengan tantangan ekologi baru.

Sayangnya bulu dan bahan organik lainnya yang digunakan untuk membuat pakaian tidak mungkin terawetkan dalam catatan arkeologi, asal-usul pakaian masih kurang dipahami.

Namun saat mempelajari temuan tulang belulang dari deposit Gua Contrabandiers yang berasal dari 120.000 hingga 90.000 tahun yang lalu, dari sekitar 12.000 fragmen tulang, peneliti menemukan lebih dari 60 tulang hewan yang telah dibentuk sebagai alat.

Artinya, tulang belulang ini memberi bukti bahwa manusia sudah bikin baju 120.000 tahun lalu.

Baca juga: Baju Kita Juga Sumbang Polusi di Lautan, Kok Bisa?

Halaman:


Sumber PHYSORG
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.