Kompas.com - 16/09/2021, 18:30 WIB
Ilustrasi kecoak. SHUTTERSTOCKIlustrasi kecoak.

KOMPAS.com - Kecoak merupakan serangga dengan keterampilan bertahan hidup yang unggul.

Hewan ini ternyata juga memiliki keunggulan lain, yaitu dalam hal perkawinan. Kecoak jantan dapat menumbuhkan testis yang lebih besar - jika diperlukan, untuk merayu pasangan.

Melansir Live Science, sebuah studi menemukan, bahwa kecoak Madagaskar yang mendesis mengadopsi strategi untuk merayu betinanya, yaitu dengan menjadi kecoak kekasih atau kecoak petarung.

"Seekor kecoak jantan tampaknya beradaptasi untuk menjadi kekasih atau petarung dan yang menarik adalah mereka melakukan ini sebelum mereka menjadi dewasa sepenuhnya, pada mabung terakhir," kata Kate Durrant selaku pemimpin penulis studi sekaligus Ahli Perilaku Ekologi di University of Nottingham, Inggris.

Baca juga: Kecil dan Tidak Berbahaya, Kenapa Banyak Orang Takut Kecoak?

Durrant dan rekan-rekannya menggunakan teknologi pemindaian 3D untuk mengukur secara tepat pejantan dari dua jenis spesies kecoak raksasa yang berbeda, kecoak bertanduk datar (Aelurpoda insignis) dan kecoak bertanduk lebar (Gromphadorhina oblongonota).

Ukuran tubuh dari dua jenis kecoak ini kemudian dibandingkan dengan tingkat agresivitas kecoak, ketika melawan pejantan saingan. Selain itu, ukuran testis mereka juga menjadi tanda bahwa kecoak memiliki lebih banyak investasi untuk kawin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para peneliti berpikir, bahwa kecoak akan mengembangkan karakteristik fisik yang berbeda berdasarkan taktik mereka untuk merayu betina.

Studi yang dipublikasikan di Jurnal Scientific Reports ini menemukan, bahwa untuk merayu betina, kecoak menggunakan 2 strategi berbeda, dengan merebut betina secara paksa atau menyelinap melewati pejantan yang lebih besar untuk kawin.

Spesies kecoak bertanduk datar atau yang berukuran lebih kecil, diketahui tidak memiliki sifat agresif dan memiliki testis yang besar.

Kecoak jenis ini disebut kecoak kekasih dan cenderung menghindari perkelahian dengan menyelinap di balik punggung pejantan yang lebih besar untuk kawin dengan betina.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.