Kecoak Purba Zaman Dinosaurus ini Tampak Utuh di dalam Fosil Damar

Kompas.com - 04/03/2020, 09:05 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Sepasang kecoak berusia 99 juta tahun yang hidup di zaman dinosaurus ditemukan masih utuh dalam lapisan fosil damar. Kecoak ini adalah penghuni goa tertua yang pernah ditemukan.

Kecoak-kecoak purba ini berada di dalam fosil damar yang ditemukan di Myanmar, sehingga membuat tubuhnya utuh dan terawetkan nyaris sempurna.

Melansir Live Science, Selasa (3/3/2020), kecoak ini adalah organisme Troglomorphic, yakni mahluk yang beradaptasi di lingkungan goa yang gelap dengan cara yang aneh.

Ilmuwan mengungkapkan kecoak ini adalah satu-satunya mahluk yang beradaptasi di lingkungan gelap pada periode Cretaceous. Mereka berkeliaran di celah-celah dunia yang teduh, bahkan ketika Tyrannosaurus rex telah ada di Bumi.

Baca juga: 6 Fakta Unik Kecoak, dari Spesies Paling Kuno sampai Bisa Hidup 6 Bulan

Saat ini, para ahli biologi memiliki banyak contoh kecoak dan serangga yang tinggal di goa dengan mata dan sayap kecil serta lengan yang panjang dan antena.

Akan tetapi, spesimen tersebut merupakan dua spesies berbeda, yakni hewan tertua yang pernah ditemukan dengan karakteristik tersebut.

"Goa tidak memiliki fosil yang belum jelas sebelum era Cenozoic," tulis para peneliti dalam sebuah makalah.

Era Cenozoic adalah periode setelah kepunahan dinosaurus secara massal. Ketika dinosaurus mati, mamalia naik ke puncak tertinggi mereka saat ini.