Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecoak Purba Zaman Dinosaurus ini Tampak Utuh di dalam Fosil Damar

Kompas.com - 04/03/2020, 09:05 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Sepasang kecoak berusia 99 juta tahun yang hidup di zaman dinosaurus ditemukan masih utuh dalam lapisan fosil damar. Kecoak ini adalah penghuni goa tertua yang pernah ditemukan.

Kecoak-kecoak purba ini berada di dalam fosil damar yang ditemukan di Myanmar, sehingga membuat tubuhnya utuh dan terawetkan nyaris sempurna.

Melansir Live Science, Selasa (3/3/2020), kecoak ini adalah organisme Troglomorphic, yakni mahluk yang beradaptasi di lingkungan goa yang gelap dengan cara yang aneh.

Ilmuwan mengungkapkan kecoak ini adalah satu-satunya mahluk yang beradaptasi di lingkungan gelap pada periode Cretaceous. Mereka berkeliaran di celah-celah dunia yang teduh, bahkan ketika Tyrannosaurus rex telah ada di Bumi.

Baca juga: 6 Fakta Unik Kecoak, dari Spesies Paling Kuno sampai Bisa Hidup 6 Bulan

Saat ini, para ahli biologi memiliki banyak contoh kecoak dan serangga yang tinggal di goa dengan mata dan sayap kecil serta lengan yang panjang dan antena.

Akan tetapi, spesimen tersebut merupakan dua spesies berbeda, yakni hewan tertua yang pernah ditemukan dengan karakteristik tersebut.

"Goa tidak memiliki fosil yang belum jelas sebelum era Cenozoic," tulis para peneliti dalam sebuah makalah.

Era Cenozoic adalah periode setelah kepunahan dinosaurus secara massal. Ketika dinosaurus mati, mamalia naik ke puncak tertinggi mereka saat ini.

Baca juga: Terungkap, Alasan Kecoak Sangat Tangguh dan Susah Dibunuh

Bahkan, fosil-fosil yang ditemukan di dalam goa setelah masa kepunahan, cenderung berupa bintang yang hanya menghabiskan sebagian waktunya untuk berlindung di sela perjalanannya.

Menurut peneliti, lingkungan goa sangat cocok untuk memfosilkan tulang atau kotoran. Sebab, dalam catatan fosil selama ini banyak ditemukan fosil mamalia goa, termasuk hewan pengerat, berkuku, hingga primata.

Bahkan, selama ini tidak ada catatan fosil yang relevan dari spesies Troglomorphic sebelum era Cenozoic yang juga disebut dengan periode K/Pg ini.

Kecoak purba yang ditemukan dalam fosil damar. Kecoak ini menjadi hewan tertua yang hidup di dalam goa di zaman dinosaurus.Gondwana Research Kecoak purba yang ditemukan dalam fosil damar. Kecoak ini menjadi hewan tertua yang hidup di dalam goa di zaman dinosaurus.

Kendati demikian, para peneliti telah lama menduga, kecoak yang tinggal di goa mungkin berasal dari zaman dinosaurus. Hal itu berdasarkan analisis genetik, kendati belum pernah ada bukti kuat sebelumnya.

Kedua spesies kecoak yang ditemukan di dalam damar ini, menurut makalah yang dipublikasikan dalam jurnal Gondwana Research ini sangat terawat.

Kemungkinan sepasang kecoak ini adalah keturunan dari nenek moyang yang sama dari masa Creataceous, sebelum pergeseran benua memisahkan habitat mereka di superkontinen Gondwana.

Baca juga: Keseringan Dibasmi, Kecoak Berevolusi Jadi Mustahil untuk Dibunuh


Para peneliti yang berasal dari beberapa lembaga di Slovakia, China, Rusia dan Thailand ini tidak menjelaskan bagaimana kecoak-kecoak purba berakhir di dalam damar.

Sebab, pada umumnya fosil damar akan menyimpan mahluk-mahluk kecil yang hidup di dekat pohon, karena damar adalah fosil pohon resin.

Ada kemungkinan, kata peneliti, resin kuno menetes dari akar pohon ke dalam goa-goa di mana para kecoak purba itu tinggal.

Selanjutnya, cairan damar itu mengeras di sekitar paleo-arthropoda. Akhirnya, kecoak-kecoak purba ini terawetkan dalam damar hingga ditemukan puluhan juta tahun kemudian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com