Kompas.com - 16/09/2021, 18:02 WIB
Ilustrasi laut dalam. ShutterstockIlustrasi laut dalam.
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Tekanan hidrostatis adalah tekanan di dalam zat cair. Tekanan hidrostatis akan semakin besar jika suatu titik semakin dalam atau semakin jauh dari permukaan zat cair.

Contohnya, ikan-ikan yang hidup di perairan yang dalam memiliki bentuk tubuh yang lebih pipih karena strukturnya semakin ke bawah akan semakin lebar.

Dilansir dari Sumber Belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), dalam bahasa matematika, dapat dikatakan bahwa tekanan hidrostatis sebanding dengan kedalaman.

Hal ini dapat digunakan untuk menjelaskan gerak gelembung air di dalam akuarium yang semakin cepat jika semakin ke atas.

Penjelasannya adalah jika tekanan semakin kecil, volume udara yang membentuk gelembung udara semakin besar.

Baca juga: Organ Gerak Hewan di Air, Darat, dan Udara

Kemudian, jika volume udara semakin besar, gaya apungnya pun menjadi semakin besar sehingga kecepatan gelembung akan bertambah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir dari Schmidt Ocean Institute, pertambahan tekanan air sebesar satu atmosfer setara dengan pertambahan kedalaman sebesar 10 meter.

Dengan demikian, tekanan tinggi dapat menghancurkan ruang dengan udara, seperti paru-paru dan kantong renang ikan. Namun, sebagian besar kehidupan di kedalaman tidak memiliki ruang udara.

Lantas, bagaimana kehidupan di kedalaman air beradaptasi?

Biasanya, protein mengembangkan struktur tahan tekanan dengan adaptasi yang belum sepenuhnya dipahami para ilmuwan.

Baca juga: Daerah Tangkapan Air dan Daerah Aliran Sungai

Misalnya, aktin dari ikan grenadier laut dalam yang membentuk filamen dengan cukup di bawah tekanan.

Pada spesies ikan grenadier raksasa (Albatrossia pectoralis) dan spesies grenadier lainnya, molekul trimethylamine oxide (TMAO) yang berbau amis akan meningkat seiring dengan kedalaman.

Tampaknya, TMAO bertugas untuk melindungi protein ikan grenadier dari distorsi tekanan sehingga dapat beradaptasi di kedalaman.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.