Faktor Penyebab Terjadinya Gangguan Pernapasan

14/09/2021, 18:30 WIB

KOMPAS.com - Bernapas adalah salah satu ciri makhluk hidup. Proses ini sangat penting karena setiap sel ditubuh kita membutuhkan oksigen yang bisa kita dapatkan dengan bernapas.

Namun, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan gangguan pernapasan. Faktor penyebab terjadinya gangguan pernapasan adalah sebagai berikut.

Faktor fisik gangguan pernapasan

Faktor fisik adalah faktor yang berkaitan dengan organ pernapasan manusia. Misalnya, kelainan pada bayi yang baru lahir.

Pada bayi yang lahir prematur atau terlalu awal, biasanya mengalami gangguan pernapasan karena paru-parunya belum berkembang dengan sempurna. Oleh karena itu, bayi ini membutuhkan alat bantu napas untuk bisa bernapas dengan baik.

Baca juga: Organ Sistem Pernapasan Manusia dan Fungsinya

Faktor penyakit gangguan pernapasan

Ada banyak penyakit yang menyerang sistem pernapasan. Semua penyakit ini bisa menyebabkan gangguan pernapasan.

Contoh penyakit yang menyebabkan gangguan pernapasan adalah influenza, asma, bronkitis, emfisema, tuberkulosis, dan kanker paru-paru.

Faktor lingkungan gangguan pernapasan

Udara yang kita butuhkan untuk bernapas adalah oksigen. Namun, apa jadinya jika udara justru dipenuhi gas selain itu? Ini akan menyebabkan gangguan pernapasan.

Contoh lingkungan yang menyebabkan gangguan pernapasan adalah asap rokok, asap pembakaran sampah, asap kendaraan bermotor, dan asap pabrik.

Asap ini akan membuat kadar oksigen menipis sehingga kita merasa sesak jika menghirupnya. Selain itu, asap ini mengandung zat-zat yang berbahaya bagi tubuh kita.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.