Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/09/2021, 18:30 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Bernapas adalah salah satu ciri makhluk hidup. Proses ini sangat penting karena setiap sel ditubuh kita membutuhkan oksigen yang bisa kita dapatkan dengan bernapas.

Namun, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan gangguan pernapasan. Faktor penyebab terjadinya gangguan pernapasan adalah sebagai berikut.

Faktor fisik gangguan pernapasan

Faktor fisik adalah faktor yang berkaitan dengan organ pernapasan manusia. Misalnya, kelainan pada bayi yang baru lahir.

Pada bayi yang lahir prematur atau terlalu awal, biasanya mengalami gangguan pernapasan karena paru-parunya belum berkembang dengan sempurna. Oleh karena itu, bayi ini membutuhkan alat bantu napas untuk bisa bernapas dengan baik.

Baca juga: Organ Sistem Pernapasan Manusia dan Fungsinya

Faktor penyakit gangguan pernapasan

Ada banyak penyakit yang menyerang sistem pernapasan. Semua penyakit ini bisa menyebabkan gangguan pernapasan.

Contoh penyakit yang menyebabkan gangguan pernapasan adalah influenza, asma, bronkitis, emfisema, tuberkulosis, dan kanker paru-paru.

Faktor lingkungan gangguan pernapasan

Udara yang kita butuhkan untuk bernapas adalah oksigen. Namun, apa jadinya jika udara justru dipenuhi gas selain itu? Ini akan menyebabkan gangguan pernapasan.

Contoh lingkungan yang menyebabkan gangguan pernapasan adalah asap rokok, asap pembakaran sampah, asap kendaraan bermotor, dan asap pabrik.

Asap ini akan membuat kadar oksigen menipis sehingga kita merasa sesak jika menghirupnya. Selain itu, asap ini mengandung zat-zat yang berbahaya bagi tubuh kita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com