Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

14 Penyakit yang Menyerang Organ Pernapasan

Kompas.com - Diperbarui 08/01/2023, 11:59 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com – Bernapas adalah aktivitas reflek tubuh manusia yang sangat penting. Pernapasan adalah kegiatan mengambil udara (inspirasi) dan mengeluarkan udara (ekspirasi) melalui alat pernapasan.

Namun, sistem pernapasan manusia dapat mengalami masalah, baik disebabkan oleh infeksi virus bakteri atau kelainan sistem pernapasan.

Baca juga: Organ Sistem Pernapasan Manusia dan Fungsinya

Gangguan pernapasan manusia ini bisa menyebbkan rasa tidak nyaman, sakit, bahkan kematian.

Dilansir dari Rumah Belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah penyakit yang menyerang organ pernapasan:

1. Asma

Asma adalah penyempitan saluran napas akibat otot polos pembentuk dinding saluran terus berkontraksi. Asma disebabkan oleh alergi atau kekurangan hormon adrenalin.

2. Asfiksi

Masalah sistem pernapasan yang berupa gangguan pengangkutan dan penggunaan oksigen oleh jaringan akibat tenggelam, pneumonia, atau keracunan.

Baca juga: Sistem Pernapasan pada Manusia: Proses dan Organnya

3. Asidosis

Asidosis adalah gangguan sistem pernapasan yang disebabkan oleh peningkatan kadar asam karbonat dan asam bikarbonat dalam darah.

4. Wajah adenoid

Wajah adenoid merupakan penyempitan saluran pernapasan karena adanya pembengkakan kelenjar limfa, pembengkakan di tekak atau amandel.

5. Pneumonia

Pneumonia adalah radang paru-paru yang disebabkan oleh infeksi bakteri Diplococcus pneumonia.

6. Difteri

Difteri adalah gangguan sistem pernapasan berupa penyumbatan faring/laring oleh lendir akibat infeksi bakter Corynebacterium diphteriae.

Baca juga: Ternyata Begini Manfaat Tidur Bagi Organ Pernapasan

7. Emfisema

Emfisema adalah gangguan pada sistem pernapasan yang disebabkan oleh perluasan alveolus yang berlebihan hingga menyebabkan paru-paru menggelembung.

8. Tuberculosis (TBC)

TBC adalah penyakit paru-paru yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis.

9. Peradangan pada sistem pernapasan

Peradangan pada sistem pernapasan manusia yang umum terjadi adalah bronchitis (radang bronkhus), laringitis (radang laring), faringitis (radang faring), pleuritis (radang selaput paru-paru), renitis (radang rongga hidung), dan sinusitis (radang sinus).

Untuk menghindari berbagai penyakit organ pernapasan tersebut, penting untuk melakukan langkah-langkah pencegah.

Baca juga: 6 Hal Harus Dilakukan Setelah Sembuh dari Covid-19, Latihan Pernapasan hingga Daya Ingat

Mencegah penyakit organ pernapasan bisa dilakukan dengan menjaga kesehatan organ pernapasan, menghindari zat-zat yang merusak organ pernapasan, merawat organ pernapasan, dan selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com