Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 03/01/2023, 16:34 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com – Apa yang Anda ingat ketika mendengar tentan organ reproduksi wanita?Mungkin Anda akan memikirkan miss V atau vagina.

Tapi, tahukah Anda, organ reproduksi wanita tidak hanya vagina? Terdapat organ-organ lain yang memiliki peran masing-masing bagi reproduksi wanita.

Menjaga kesehatan organ reproduksi penting dilakukan, baik bagi pria maupun wanita, agar organ-organ tersebut tetap dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Baca juga: Konsentrasi Sperma Menurun, Berisiko Sebabkan Krisis Reproduksi Manusia

Dilansir dari buku Reproduksi dan Hidup Sehat, berikut adalah organ reproduksi wanita dan fungsinya:

1. Ovarium

Ovarium atau indung telur terletak di sebelah kiri dan kanan rahim. Bentuknya seperti buah kenari dengan panjang 3-5 cm, tebal 1 cm, dan berat 15 gram.

Fungsi ovarium adalah sebagai tempat pembentukan ovum atau sel telur dan menghasilkan estrogen dan progesteron.

Baca juga: Ahli: Jangan Anggap Tabu Pendidikan Seksual dan Kesehatan Reproduksi

2. Tuba fallopi

Bagian organ reproduksi wanita yang berperan sebagai tempat terjadinya fertilisasi adalah tuba fallopi atau yang disebut juga oviduk.

Setelah sel telur matang, ia akan melewati tuba fallopi. Di dalam tuba fallopi, terjadi pembuahan antara sperma dan ovum.

Di sepanjang tuba fallopi terdapat rambut-rambut getar atau cilla yang fungsinya adalah mendorong atau mempermudah jalannya zigot hasil pembuahan.

3. Uterus

Uterus atau rahim adalah rongga pertemuan antara dua saluran tuba fallopi bagian kiri dan kini. Bagian leher bawah uterus adalah serviks atau leher rahim.

Fungsi uterus adalah sebagai tempat menempelnya janin hingga proses persalinan. Di dalam uterus, kehidupan janin ditopang oleh plasenta yang akan mencukupi kebutuhan janin berupa makanan.

Baca juga: Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Kesehatan Seksual dan Reproduksi

4. Vagina

Vagina adalah saluran tempat berlangsungnya proses kopulasi, yakni pertemuan antara dua alat kelamin, jalan keluar darah menstruasi, dan jalan keluar bayi.

Vagina terdiri atas selaput lendir, jaringan otot, dan jaringan ikat. Panjang vagina umumnya 8-10 cm dengan dinding yang berlipat dan elastis.

5. Vulva

Vulva adalah organ reproduksi luar yang terdiri dari mons pubis, labia mayor, labia minor, klitoris, oriffisium uretra, dan mulut vagina.

Mons pubis adalah bagian vulva yang tersusun atas jaringan lemak dan ditumbuhi rambut jika sudah melewati masa pubertas.

Baca juga: Hal-hal yang Harus Diajarkan soal Kesadaran Kesehatan Reproduksi

Labia mayor adalah bagian vulva yang terletak di bawah mons pubis dan berupa sepasang lipatan. Sementara itu, labia minor adalah dua lipatan kecil di antara kedua labia mayor.

Klitoris adalah organ erektil pada wanita yang letaknya di bagian atas dari struktur labium. Klitoris memiliki banyak pembuluh darah dan ujung saraf yang sensitif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com