Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Covid-19 Dapat Merperparah Kondisi Pasien Kanker Paru? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 31/08/2021, 09:03 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 telah memengaruhi banyak aspek kehidupan di dunia ini, terutama kesehatan dan salah satunya adalah kanker paru. Namun, benarkah infeksi Covid-19 bisa memperparah kondisi pasien kanker paru?

Covid-19 merupakan penyakit baru yang hampir sebagian besar gejalanya adalah infeksi di saluran pernapasan, termasuk organ paru dan mirip dengan penyakit kanker paru-paru.

Sehingga, banyak yang meyakini adanya keterkaitan antara Covid-19 dan kanker paru, terutama mengenai pengaruh infeksi SARS-CoV-2 dalam memperparah kondisi pasien kanker paru.

Lalu, bagaimana keterkaitan antara kanker paru-paru dan infeksi Covid-19 ini?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Hematologi Onkologi Medik RSCM, Dr dr Ikhwan RInaldi SpPD-KHOM, M.Epid, FINASIM, FACP mengatakan, belum banyak diketahui secara menyeluruh mengenai keterkaitan infeksi Covid-19 dan kanker paru ini.

"Sampai sekarang belum ada kajian yang pasti untuk membuktikan keterkaitan antara infeksi Covid-19 dan kanker paru ini, karena memang masih banyak hal tentang Covid-19 ini yang belum kita ketahui hingga sekarang, bukan hanya kaitannya dengan kanker paru," kata Ikhwan.

Baca juga: Kisah Pejuang Kanker Paru dalam Melawan Covid-19

 

Dalam diskusi daring bertajuk Hari Kanker Paru Sedunia 2021, Kamis (26/8/2021), Ikhwan mengatakan, ada satu hal yang diyakini saat ini bahwa memang infeksi Covid-19 akan sangat berdampak jika yang terinfeksi adalah pasien dengan kondisi penyakit serius, salah satunya kanker paru ini.

Jika terinfeksi oleh SARS-CoV-2, pasien kanker termasuk ke dalam populasi yang lebih rentan dengan tingkat gejala yang lebih parah dibandingkan dengan pasien tanpa penyakit kanker.

"Terkait pandemi Covid-19, pada dasarnya pasien kanker sangat rentan terhadap infeksi SARS-CoV-2," ujarnya.

Hal ini terjadi karena kontak yang sangat sering dengan sistem perawatan kesehatan, keadaan imun yang semakin rendah akibat kanker atau terapinya, dan yang paling utama karena terkait usia lanjut dan komorbiditas mereka.

Hal ini menyebabkan meningkatnya paparan pasien kanker paru terhadap Covid-19.

Selain itu, faktor Covid-19 yang dapat memperparah kondisi pasien kanker paru bisa disebabkan karena pertumbuhan sel-sel kanker dan terapi kanker yang menyebabkan menurunnya sistem kekebalan tubuh yang berguna dalam melawan infeksi virus.

Baca juga: Berisiko Sebabkan Kematian, Ketahui Beda Gejala Kanker Paru dan Covid-19

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com