Apakah Luar Angkasa Memiliki Batas atau Tidak Ada Habisnya?

29/08/2021, 08:00 WIB
Apa yang ada di luar angkasa? - Siah, usia 11, Fremont, California

Oleh: Jack Singal

TEPAT di atas kamu, ada langit – atau sebagaimana para ilmuwan menyebutnya, atmosfer. Atmosfer membentang sekitar 20 mil (32 kilometer) di atas Bumi. Sedang yang mengambang di sekitar atmosfer adalah campuran molekul – unsur udara yang sangat kecil yang miliaran di antaranya kamu hirup setiap kali bernapas.

Di atas atmosfer ada luar angkasa. Luar angkasa memiliki jumlah molekul yang jauh lebih sedikit, dengan banyak ruang kosong di antaranya.

Apakah kamu pernah membayangkan apa yang terjadi bila kamu berkelana ke luar angkasa – dan akan terus menembus tanpa henti? Apa yang akan kamu temukan?

Ilmuwan seperti saya dapat menjelaskan banyak tentang hal-hal yang kamu akan lihat di sana. Tapi ada beberapa hal juga yang kami belum ketahui, seperti apakah ruang angkasa terus menghampar tak ada habisnya.

Baca juga: Apa Bintang Paling Jauh dari Bumi dan Bagaimana Cara Mengukur Jaraknya?

Planet, bintang, dan galaksi

Pada awal perjalanan kamu menjelajahi ruang angkasa, kamu akan menemukan beberapa pemandangan. Bumi adalah bagian dari sekelompok planet yang semuanya mengorbit atau mengelilingi Matahari – dengan beberapa asteroid dan komet yang bercampur dan juga mengorbit Matahari.

Ilustrasi planet di dalam Tata Surya.SHUTTERSTOCK/Vadim Sadovski Ilustrasi planet di dalam Tata Surya.

Kamu mungkin tahu bahwa Matahari sebenarnya hanyalah bintang biasa, dan terlihat lebih besar dan lebih terang daripada bintang lainnya hanya karena letaknya lebih dekat dengan kita.

Untuk mencapai bintang terdekat berikutnya, kamu harus menempuh jarak triliunan mil. Bahkan, jika kamu bisa naik wahana antariksa tercepat yang pernah dibuat NASA pun, kamu masih perlu ribuan tahun untuk dapat sampai ke sana.

Jika bintang kita umpamakan seperti rumah, maka galaksi adalah kota yang penuh dengan rumah-rumah. Para ilmuwan memperkirakan ada 100 miliar bintang di galaksi Bumi. Jika kamu bisa melihat bintang-bintang ini dari jauh, jauh dari di luar galaksi Bumi, 100 miliar bintang itu akan tampak seperti cahaya gedung-gedung kota jika dilihat dari pesawat terbang.

Baru-baru ini para astronom telah mempelajari bahwa banyak atau bahkan sebagian besar bintang memiliki planet yang mengorbit sendiri. Beberapa bahkan seperti Bumi, jadi mungkin saja mereka juga adalah rumah bagi makhluk lain yang mungkin bertanya-tanya apa yang ada di luar sana.

Baca juga: Benarkah Jupiter adalah Bintang yang Gagal? Ini Penjelasan LAPAN

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.