Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jenis Rempah untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kompas.com - 19/08/2021, 17:02 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.comTekanan darah tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung yang perlu diwaspadai. Oleh sebab itu, tekanan darah harus dikontrol agar tetap dalam kisaran normal.

Ada berbagai cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi, salah satunya dengan mengonsumsi bahan alami seperti rempah-rempah.

Beberapa jenis rempah memiliki kandungan yang bermanfaat untuk tekanan darah. Dilansir dari Healthline, berikut adalah 5 jenis rempah untuk menurunkan tekanan darah tinggi:

1. Kemangi

Kemangi merupakan jenis rempah yang kaya akan berbagai senyawa kuat. Penelitian telah mengaitkan antioksidan nabati dalam kemangi memberikan banyak manfaat, termasuk menurunkan tekanan darah.

Studi menunjukkan, eugenol dapat membantu mengurangi tekanan darah dengan bertindak sebagai penghambat saluran kalsium alami.

Baca juga: 6 Jenis Rempah yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Penghambat saluran kalsium mencegah pergerakan kalsium ke jantung dan sel-sel arteri, memungkinkan pembuluh darah untuk lebih rileks.

2. Bawang putih

Bawang putih kaya akan berbagai senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Secara khusus, bawang putih mengandung allicin yang dapat membantu meningkatkan aliran darah dan mengendurkan pembuluh darah.

Sebuah tinjauan dari 12 penelitian di lebih 550 orang dengan tekanan darah tinggi menemukan, konsumsi bawang putih dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

3. Kayu manis

Kayu manis merupakan jenis rempah aromatik yang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional.

Meski belum sepenuhnya dipahami bagaimana kayu manis dapat menurunkan tekanan darah, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kayu manis dapat melebarkan dan mengendurkan pembluh darah.

Baca juga: 6 Rempah untuk Mengatasi Peradangan, Jahe hingga Ginseng

Sebuah tinjauan dari 9 penelitian terhadap 641 peserta menunjukkan bahwa konsumsi kayu manis dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

4. Jahe

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com