Kompas.com - 19/08/2021, 17:02 WIB
ilustrasi rempah-rempah ilustrasi rempah-rempah
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.comTekanan darah tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung yang perlu diwaspadai. Oleh sebab itu, tekanan darah harus dikontrol agar tetap dalam kisaran normal.

Ada berbagai cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi, salah satunya dengan mengonsumsi bahan alami seperti rempah-rempah.

Beberapa jenis rempah memiliki kandungan yang bermanfaat untuk tekanan darah. Dilansir dari Healthline, berikut adalah 5 jenis rempah untuk menurunkan tekanan darah tinggi:

1. Kemangi

Kemangi merupakan jenis rempah yang kaya akan berbagai senyawa kuat. Penelitian telah mengaitkan antioksidan nabati dalam kemangi memberikan banyak manfaat, termasuk menurunkan tekanan darah.

Studi menunjukkan, eugenol dapat membantu mengurangi tekanan darah dengan bertindak sebagai penghambat saluran kalsium alami.

Baca juga: 6 Jenis Rempah yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penghambat saluran kalsium mencegah pergerakan kalsium ke jantung dan sel-sel arteri, memungkinkan pembuluh darah untuk lebih rileks.

2. Bawang putih

Bawang putih kaya akan berbagai senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Secara khusus, bawang putih mengandung allicin yang dapat membantu meningkatkan aliran darah dan mengendurkan pembuluh darah.

Sebuah tinjauan dari 12 penelitian di lebih 550 orang dengan tekanan darah tinggi menemukan, konsumsi bawang putih dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.