Kompas.com - 19/08/2021, 13:00 WIB

KOMPAS.com - 24 September 2182 adalah tanggal yang diramalkan peneliti akan terjadi tabrakan dahsyat antara asteroid Bennu dan Bumi.

Asteroid Bennu yang lebarnya sekitar setengah mil atau 804 meter akan melintas sangat dekat dengan Bumi dan ada kemungkinan bertabrakan dengan planet kita.

Menurut situs web The Sky Live, saat ini asteroid Bennu berjarak sekitar 190 juta mil (sekitar 305 juta km) dengan Bumi.

"Kemungkinan Bennu menabrak planet kita memang kecil, satu banding 1.175 (0,0037 persen)," lapor Daniel Clery kepada Science magazine.

Apa yang harus dilakukan?

Baca juga: Pesawat Ruang Angkasa NASA Tinggalkan Asteroid Bennu Menuju Bumi

Dilansir dari Smithsonian Magazine, Senin (16/8/2021), ilmuwan planet Lindley Johnson dari Kantor Koordinasi Pertahanan Planet NASA mengatakan bahwa kita tak perlu melakukan apa pun.

"Saya tidak berpikir kita perlu melakukan apa pun tentang Bennu," kata Johnson dalam konferensi pers.

Namun, fisika memiliki peran.

Menurut Nell Greenfieldboyce, lintasan asteroid dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk flyby terdekat pada tahun 2135.

Gaya gravitasi dan gaya lain dari matahari, Bumi, dan bulan dapat menyebabkan perubahan jalur terbang yang mungkin mengarahkan "tumpukan puing" asteroid 101955 Bennu ke jalur langsung dengan kita.

"Jadi tidak ada alasan khusus untuk khawatir," kata Davide Farnocchia di Pusat Studi Objek Dekat Bumi, bagian dari Laboratorium Propulsi Jet NASA, kepada NPR.

"Kami punya waktu untuk terus melacak asteroid dan akhirnya sampai pada jawaban akhir."

Proyeksi terbaru ini adalah hasil dari data baru yang disediakan oleh pesawat ruang angkasa OSIRIS-REx NASA, yang benar-benar mendarat di Bennu pada tahun 2018.

Para ilmuwan menggunakan informasi itu untuk menghitung ancaman terhadap Bumi dan objek lain yang melayang di luar angkasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.