Kompas.com - 12/08/2021, 10:05 WIB
Tokek rumah Afrika punya sifat khusus yang membuatnya mudah menyebar di tempat baru Ishan Agarwal Tokek rumah Afrika punya sifat khusus yang membuatnya mudah menyebar di tempat baru

KOMPAS.com - Ada yang menarik dari tokek rumah Afrika (Hemidactylus mabouia). Tokek kecil berwarna coklat ini sebenarnya berasal dari Afrika. Namun kini, hewan tersebut banyak ditemui di Florida atau Amerika Tengah.

Lantas bagaimana tokek tersebut bisa menyeberangi lautan dan hidup di benua baru?

Sebuah studi yang diterbitkan di Royal Society Open Science pun mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

Baca juga: Fungsi Ekor Tokek dan Bagaimana Jika Ekor Itu Putus?

Mengutip Independent, Rabu (11/8/2021) untuk mengetahuinya, peneliti pun merekonstruksi sejarah evolusi H.mabouia.

Peneliti kemudian menemukan jika H.mabouia memiliki 20 jenis spesies dan hanya satu spesies saja yang berhasil menjajah Amerika, yaitu H. mabouia sensu stricto.

Menurut peneliti, ada beberapa teori yang menyebabkan mengapa tokek itu berhasil hidup di Amerika. Di Afrika, H. mabouia sensu stricto rupanya paling sering ditemukan di ruang terbuka, termasuk pembukaan lahan dan di desa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara tokek lainnya lebih banyak ditemui di hutan. Hal ini lah yang menyebabkannya lebih mudah menyebar di Amerika.

Dengan karakternya itu, tokek pun bisa menjadi penumpang gelap yang sangat baik di kapal yang menjadi transportasi dalam perdagangan budak trans-Atlantik.

Menurut, Ishan Agarwal, herpetologis dan penulis studi ini, seekor tokek dapat hidup di celah-celah dan dapat bertahan hidup untuk beberapa waktu tanpa makanan. Bahkan seekor tokek dengan perut penuh telur akan cukup untuk memulai populasi baru di tanah baru.

Hasil teori tersebut didukung dengan data mengenai rute pelayaran budak dan pengamatan historis referensi dari tokek di Amerika dengan daerah yang terlibat dengan perdagangan budak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.