Kompas.com - 06/08/2021, 18:31 WIB
Ilustrasi planet Bumi, Hari Antariksa Nasional. ShutterstockIlustrasi planet Bumi, Hari Antariksa Nasional.


KOMPAS.com - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengajak masyarakat untuk turut bergerak melestarikan langit gelap malam ini, Jumat (6/8/2021), dalam rangka menyambut Hari Antariksa Nasional ke-8.

Dalam pelaksanaannya, LAPAN mengajak masyarakat untuk mematikan lampu sejenak selama satu jam dari pukul 20.00-21.00 waktu setempat malam ini.

Kepala LAPAN, Thomas Djamaludin mengatakan, kegiatan malam langit gelap ini dilaksanakan bukan hanya sebagai perayaan Hari Keantariksaan Nasional saja, melainkan edukasi tentang betapa pentingnya kita menjaga kondisi langit.

"Langit mesti harus kita selamatkan, untuk generasi muda menikmati langit dan tentu memberikan inspirasi kepada kita semua untuk bisa mengkaji fenomena-fenomena langit dan juga memanfaatkan teknologi untuk terus dikembangkan," kata Thomas dalam webinar Progres Keantariksaan Indonesia, Jumat (6/8/2021).

Baca juga: Wahana Antariksa Parker Solar NASA Tercepat di Luar Angkasa

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai informasi, Hari Antariksa Nasional yang diperingati tiap 6 Agustus ini didasari karena disahkannya Undang-undang Keantariksaan pada 2013 silam. 

Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2013 itu menjadi payung hukum bagi kegiatan keantariksaan di Indonesia. 

Dengan adanya Undang-Undang Keantariksaan, seluruh kegiatan pengembangan sains dan teknologi antariksa di Indonesia memiliki pondasi yang kuat. 

Thomas menjelaskan, tentunya di peringatan yang ke delapan ini diharapkan akan masyarakat akan mengetahui bahwa Indonesia telah memiliki UU Keantariksaan dan membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya keberadaan malam langit gelap.

Baca juga: Suara Dentuman Sering Dikaitkan dengan Benda Jatuh Antariksa, Begini Cara Lapan Menganalisisnya

 

Adapun, bagi masyarakat yang berminat untuk ikut mengamati gerakan langit gelap malam ini.

Maka, Anda bisa mengunjungi kanal Youtube LAPAN RI, karena akan disiarkan secara langsung pengamatan virtual langit gelap.

Sembari mengamati secara virtual kondisi langit gelap, masyarakat juga bisa menyimak taklkshow malam langit gelap, dari lokasi Balai Pengelola Observatorium Nasional di Kupang sejak pukul 18.00 hingga 21.00 WIB.

"Mudah-mudahan pengamatan virtual dan talkshow (peringatan Hari Antariksa Nasional) kita malam ini diiringi dengan cuaca yang cerah, dan kita bisa mendapatkan pemahaman terkait dengan makna malam langit gelap," kata Thomas.

Baca juga: Memaknai Kesuksesan Blue Origin dan Jeff Bezos dalam Wisata Antariksa

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.