Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Antariksa Nasional, LAPAN Ajak Masyarakat Lestarikan Langit Gelap Malam Ini

Kompas.com - 06/08/2021, 18:31 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengajak masyarakat untuk turut bergerak melestarikan langit gelap malam ini, Jumat (6/8/2021), dalam rangka menyambut Hari Antariksa Nasional ke-8.

Dalam pelaksanaannya, LAPAN mengajak masyarakat untuk mematikan lampu sejenak selama satu jam dari pukul 20.00-21.00 waktu setempat malam ini.

Kepala LAPAN, Thomas Djamaludin mengatakan, kegiatan malam langit gelap ini dilaksanakan bukan hanya sebagai perayaan Hari Keantariksaan Nasional saja, melainkan edukasi tentang betapa pentingnya kita menjaga kondisi langit.

"Langit mesti harus kita selamatkan, untuk generasi muda menikmati langit dan tentu memberikan inspirasi kepada kita semua untuk bisa mengkaji fenomena-fenomena langit dan juga memanfaatkan teknologi untuk terus dikembangkan," kata Thomas dalam webinar Progres Keantariksaan Indonesia, Jumat (6/8/2021).

Baca juga: Wahana Antariksa Parker Solar NASA Tercepat di Luar Angkasa

 

Sebagai informasi, Hari Antariksa Nasional yang diperingati tiap 6 Agustus ini didasari karena disahkannya Undang-undang Keantariksaan pada 2013 silam. 

Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2013 itu menjadi payung hukum bagi kegiatan keantariksaan di Indonesia. 

Dengan adanya Undang-Undang Keantariksaan, seluruh kegiatan pengembangan sains dan teknologi antariksa di Indonesia memiliki pondasi yang kuat. 

Thomas menjelaskan, tentunya di peringatan yang ke delapan ini diharapkan akan masyarakat akan mengetahui bahwa Indonesia telah memiliki UU Keantariksaan dan membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya keberadaan malam langit gelap.

Baca juga: Suara Dentuman Sering Dikaitkan dengan Benda Jatuh Antariksa, Begini Cara Lapan Menganalisisnya

 

Adapun, bagi masyarakat yang berminat untuk ikut mengamati gerakan langit gelap malam ini.

Maka, Anda bisa mengunjungi kanal Youtube LAPAN RI, karena akan disiarkan secara langsung pengamatan virtual langit gelap.

Sembari mengamati secara virtual kondisi langit gelap, masyarakat juga bisa menyimak taklkshow malam langit gelap, dari lokasi Balai Pengelola Observatorium Nasional di Kupang sejak pukul 18.00 hingga 21.00 WIB.

"Mudah-mudahan pengamatan virtual dan talkshow (peringatan Hari Antariksa Nasional) kita malam ini diiringi dengan cuaca yang cerah, dan kita bisa mendapatkan pemahaman terkait dengan makna malam langit gelap," kata Thomas.

Baca juga: Memaknai Kesuksesan Blue Origin dan Jeff Bezos dalam Wisata Antariksa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com