Kompas.com - 03/05/2021, 19:31 WIB
Wahana antariksa Parker berada di posisi terdekat dengan Matahari NASA/Johns Hopkins APL/Steve Gribben via SCIENCE ALERTWahana antariksa Parker berada di posisi terdekat dengan Matahari


KOMPAS.com- Setelah mengarungi luar angkasa selama dua tahun, wahana penjelajah matahari Parker (Parker Solar Probe) milik NASA berhasil menorehkan rekor sebagai wahana antariksa terdekat yang pernah dibuat untuk mendekati Matahari.

Tak hanya itu saja, wahana penjelajah matahari Parker juga mencatatkan dalam sejarah menjadi objek buatan manusia yang tercepat di luar angkasa.

Pada 29 April, wahana yang diluncurkan oleh NASA itu sukses melakukan lintasan terdekatnya ke Matahari atau hanya berjarak 10 juta kilometer dari permukaan Matahari.

Selama jarak terdekatnya tersebut, Parker Solar Probe bergerak dengan kecepatan sekitar 150 km per detik relatif terhadap Matahari.

Baca juga: Wahana Antariksa NASA Temukan Tulang Manusia di Mars, Apakah Itu?

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Catatan tersebut menjadikan Parker Solar Probe NASA sebagai wahana luar angkasa tercepat yang pernah bergerak.

Seperti dikutip dari New Scientist, Senin (3/5/2021) kecepatan itu sama dengan sekitar 0,05 dari kecepatan cahaya.

Dengan kecepatan tersebut artinya hanya butuh sekitar 4,5 menit untuk mengelilingi seluruh lingkar Bumi atau 40 menit untuk terbang dari Bumi ke Bulan.

Akan tetapi, setelah lintasan terdekatnya pada 29 April lalu, misi luar angkasa dari wahana penjelajah Matahari, Parker Solar belumlah usai.

Baca juga: Wahana Antariksa NASA Deteksi “Dinding” di Pinggiran Tata Surya Kita

 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.