Kompas.com - 03/08/2021, 08:02 WIB

KOMPAS.com - Burung membuat sarang yang nyaman untuk ditinggali, terutama aman, hangat, dan lembut untuk menjaga bayi mereka.

Menariknya, burung titmouse berumbai (Baeolophus bicolor) dan kerabat terdekatnya, memilih mengambil rambut mamalia untuk membuat sarangnya.

Menurut para ilmuwan, burung titmouse berumbai mencabut rambut predator yang sudah mati untuk membuat sarang.

Namun pengamatan terbaru menunjukkan bahwa burung kecil berwarna abu-abu ini ternyata mencabut rambut hewan yang masih hidup dan bernapas.

Baca juga: Studi Ungkap Burung Bisa Rasakan Makanan Manis

"Saya melihat burung titmouse sedang mencabuti bulu hewan hidup," kata ahli ekologi Jeffrey Brawn dari University of Illinois di Urbana-Champaign.

"Burung itu mencabut rambut rakun hidup yang memiliki cakar dan gigi. Dan rakun itu tampaknya tidak merasa terganggu karena dia tetap tidur," imbuh Brawn seperti dilansir Science Alert, Senin (2/8/2021).

Brawn tidak sengaja melihat kejadian burung titmouse berumbai "mencuri" rambut rakun saat melakukan penghitungan burung di Illinois.

Hal ini baginya sangat menarik sehingga Brawn mencari penjelasan.

Dia dan rekan-rekannya, yang dipimpin oleh Mark Hauber dan Henry Pollock dari University of Illinois Urbana-Champaign, menemukan bahwa pencabutan rambut yang dilakukan burung jarang disebutkan dalam literatur ilmiah.

Namun video YouTube yang diunggah oleh penggemar burung ternyata berkata lain, penampakan ini cukup sering terlihat.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.