Kompas.com - 29/07/2021, 20:45 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Tim peneliti Internasional yang terdiri dari ahli geofisika dan geologi mengajukan sebuah teori baru mengenai keberadaan benua lain yang ada di planet ini.

Mereka menyebut, kalau Islandia merupakan sisa terakhir benua yang tenggelam di bawah Samudra Atlantik Utara sekitar 10 juta tahun yang lalu--yang disebut Icelandia.

Teori mengenai benua Icelandia itu bertentangan dengan gagasan lama tentang pembentukan Islandia dan Atlantik Utara.

Baca juga: Studi Ini Ungkap Penemu Pertama Kali Benua Antartika

Tetapi, peneliti berdalih jika teori yang mereka kemukakan itu bisa menjelaskan fitur geologi dasar laut dan mengapa kerak bumi di bawah Islandia jauh lebih tebal dari yang seharusnya.

Berdasarkan studi, Gillian Foulger, penulis utama "Icelandia" memperkirakan, bahwa Icelandia membentang di lebih dari 600.000 kilometer persegi antara Greenland dan Skandinavia.

"Wilayah yang memiliki materi kontinental di bawahnya, membentang dari Greenland hingga Skandinavia," kata Foulger seperti dikutip dari Science Alert, Kamis (29/7/2021).

Ia juga menjelaskan, sebagian di barat dan timur sekarang telah tenggelam di bawah permukaan air, tetapi masih berdiri lebih tinggi dari yang seharusnya.

"Jika permukaan laut turun 600 meter maka kita akan melihat lebih banyak daratan di atas permukaan laut," papar Foulger.

Lebih lanjut bukti fosil menunjukkan, bahwa beberapa tanaman yang menyebar dengan menjatuhkan biji identik di Greenland dan Skandinavia.

Temuan itu memperkuat gagasan bahwa ada tanah kering yang luas pernah menghubungkan kedua wilayah tersebut. Namun, para ahli geologi tak menemukan adanya bukti fosil hewan di benua yang hilang.