Kompas.com - 27/07/2021, 12:02 WIB
Terlalu banyak minum kopi dapat memunculkan sejumlah gejala. PEXELS/BURSTTerlalu banyak minum kopi dapat memunculkan sejumlah gejala.

KOMPAS.com - Kopi merupakan salah satu minuman paling populer di dunia. Kandungan kafein di dalamnya terkenal dapat menghilangkan rasa kantuk, rasa asam dan pahit kopi pun menjadi alasan kenapa minuman ini digemari.

Namun jika diminum dalam jumlah banyak, kopi dapat menimbulkan efek buruk untuk tubuh.

Sebuah studi membuktikan bahwa minum kopi terlalu banyak, misalnya 6 cangkir sehari, bisa memengaruhi volume otak yang dapat menyebabkan demensia.

Dilansir dari Medical News Today, Selasa (27/7/2021), demensia adalah kondisi gangguan otak yang memengaruhi memori, komunikasi, dan cara berpikir.

Baca juga: Efek Kebanyakan Minum Kopi dan Berapa Batas Aman Minum Kopi

Gejala yang muncul saat seseorang mengalami demensia antara lain menanyakan pertanyaan berulang kali, kesulitas untuk memahami kata-kata, merasa bingung dengan lingkungan yang tidak dikenal, gangguan tidur, kecemasan, dan lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Demensia juga memiliki beberapa tingkatan, mulai dari tahap awal, tahap tengah, dan tahap akhir dengan gejala yang berbeda-beda.

Dilansir dari Science Alert, Sabtu (24/7/2021), penelitian yang diterbitkan di jurnal Nutritional Neuroscience pada 24 Juni 2021 bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kopi dengan risiko penyusutan volume otak yang menyebabkan demensia.

Ini merupakan riset besar yang melibatkan 17.702 responden berusia 37-73 tahun dari proyek bernama Biobank Inggris.

Proyek Biobank Inggris sudah berjalan lama, bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang sejumlah metrik kesehatan dan gaya hidup yang berbeda, termasuk konsumsi kopi, volume otak, dan penyakit.

Proyek ini juga memberi data tambahan seperti status sosial ekonomi yang dapat diperhitungkan oleh para ilmuwan.

Dalam studi tersebut, ahli menemukan bahwa risiko kelebihan kopi adalah nyata.

Studi ini menemukan bahwa orang yang minum enam cangkir kopi atau lebih dalam sehari memiliki peluang 53 persen lebih tinggi terkena demensia daripada mereka yang minum satu atau dua cangkir.

"Kopi adalah salah satu minuman paling populer di dunia," kata ahli epidemiologi Kitty Pham dari University of South Australia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.