Kompas.com - 28/06/2021, 21:03 WIB
Ilustrasi garam, salah satu yang dapat menyebabkan darah tinggi. PEXELS/TARA WINSTEADIlustrasi garam, salah satu yang dapat menyebabkan darah tinggi.
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Pola makan dapat berdampak besar pada tekanan darah. Makanan asin, manis, dan berlemak dapat meningkatkan tekanan darah.

Bagi orang yang menderita penyakit tekanan darah tinggi, American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk banyak mengosumsi sayur, buah, protein tanpa lemak, dan biji-bijian.

Di samping itu, mereka juga menyarankan untuk menghindari jenis makanan yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, seperti daging merah, garam, makanan manis, dan minuman manis.

Selengkapnya, dilansir dari Healthline, 12 Agustus 2020, berikut adalah makanan penyebab darah tinggi yang harus dihindari.

1. Garam

Garam atau natrium sangat berpengaruh terhadap tekanan darah tinggi dan penyakit jantung karena ia dapat memengaruhi keseimbangan cairan dalam darah.

Baca juga: 7 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Sebelum Vaksinasi Covid-19

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

AHA menyarankan untuk konsumsi garam tidak lebih dari 2.300 mg sodium per hari atau setara dengan 1 sendok teh.

Makanan yang dikenal mengandung banyak garam adalah pizza, sandwich, sup, daging yang diawetkan, dan burrito.

2. Acar

Mengawetkan makanan apapun tentu membutuhkan garam. Pasalnya, garam mampu menghentikan pembusukan dan membuat makanan lebih awet.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.