Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jamur Langka dari Australia Ini Punya Bentuk Mirip Jari Tangan

Kompas.com - 26/06/2021, 19:43 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com- Spesies jamur yang sangat langka ini dikenal sebagai jari pohon teh. Jamur langka dari sebuah pulau kecil di Australia ini juga terancam punah.

Para ilmuwan menemukan jamur ini masih tampak menempel dan bertahan hidup di dahan pohon, di lepas pantai di Pulau Prancis yang berada beberapa kilometer dari Semenanjung Mornington di tenggara Australia.

Dilansir dari Science Alert, Sabtu (26/6/2021), jamur yang juga dikenal sebagai jari pohon teh bernama latin Hypocreopsis amplectens ditemukan di lokasi perlindungan terbesar yang dikelilingi air.

Kawasan tersebut dulunya adalah tempat berburu penduduk suku Boonwurrung.

Di lokasi ini terdapat semak yang dilindungi dan kawasan tersebut merupakan rumah bagi lebih dari seratus tubuh buah, lebih dari gabungan semua jamur individu yang dikenal di daratan.

"Penemuan kawasan lindung habitat tea-tree finger (jamur jari pohon teh) di French Island sangat meningkatkan prospek kelangsungan hidup spesies di masa depan," kata ahli ekologi Sapphire McMullan-Fisher dari Royal Botanic Gardens Melbourne.

Baca juga: Jamur Tanaman Kopi Berusia 70 Tahun Ini Dibangkitkan Lagi, Untuk Apa?

 

Menurutnya penemuan ini menimbulkan pertanyaan menarik tentang mekanisme persebaran jamur langka tersebut, termasuk bagaimana jamur ini melintasi bentangan laut sejauh 2 hingga 5 km.

Meskipun survei intensif untuk menemukan jamur-jamur jari pohon teh di daratan, keberadaannya hanya diketahui di empat lokasi di negara bagian Victoria.

Di lokasi tersebutlah, jamur unik ini pertama kali ditemukan oleh para ilmuwan modern pada awal 1990-an.

Spesies jamur langka ini suka membuat rumahnya di atas kayu yang baru tumbang, membungkus tonjolan seperti jarinya di sekitar cabang dan kulit kyu yang belum terbakar selama 30 tahun atau lebih.

Spesies jamur langka dari Australia ini dicurigai sebagai jamur parasit, yang artinya meskipun sporanya menemukan cabang yang sempurna untuk tempat tinggal, jamur ini juga membutuhkan inang untuk makanannya.

Baca juga: Terinspirasi Covid-19, Spesies Jamur Parasit Baru Diberi Nama Karantina

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com