Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Makanan yang Mengandung Vitamin A, Tidak Hanya Wortel

Kompas.com - 05/06/2021, 17:30 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comVitamin A adalah vitamin larut lemak yang memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan. Vitamin A berguna untuk menjaga kesehatan mata dan kulit, sistem imun, dan sistem reproduksi. Defisiensi vitamin A bisa memicu masalah kulit, rabun senja, hingga rentan terkena infeksi.

Dosis harian yang direkomendasikan untuk mencukup kebutuhan vitamin A adalah sebesar 900 mikrogram (mcg) untuk pria, 700 mcg untuk wanita, dan 300-600 mcg untuk anak-anak.

Vitamin A terdiri dari dua macam, yaitu preformed vitamin A dan provitamin A. Umumnya, preformed vitamin A didapatkan dari sumber hewani, sedangkan provitamin A banyak diperoleh dari sumber nabati.

Dilansir dari Health Line, berikut adalah daftar makanan yang mengandung vitamin A dan provitamin A.

Baca juga: Manfaat Vitamin A bagi Tubuh, Bisa Mengobati Jerawat

Hati sapi

Hati sapi adalah sumber vitamin A yang sangat tinggi. Dalam 100 gram hati sapi, terkandung 9.442 mcg vitamin A atau sekitar 1.049% kebutuhan harian.

Minyak ikan kod

Dalam satu sendok teh minyak ikan kod, terkandung 1.350 mcg vitamin A atau setara 150% kebutuhan harian.

Ikan salmon dan mackerel

Kedua ikan ini terkenal mengandung banyak sekali nutrisi baik untuk tubuh, salah satunya vitamin A. Ikan salmon dan mackerel masing-masing mengandung 17% dan 28% per 100 gramnya.

Mentega dan keju cheddar

Mentega adalah salah satu produk susu yang mengambil bagian kental dari susu. Satu sendok makan mentega mengandung vitamin A sebesar 97 mcg atau sekitar 11% kebutuhan harian.

Keju cheddar juga merupakan produk susu yang kaya akan vitamin A. Satu lembar keju cheddar mengandung 10% kebutuhan harian vitamin A atau setara dengan 92 mcg.

Telur

Dalam satu butir telur berukuran besar terkandung 74 mcg vitamin A atau sekitar 8% dari kebutuhan harian Anda.

Ubi

Ubi merupakan sumber provitamin A tinggi. Dalam 100 gram ubi terdapat 1.043 mcg provitamin A yang setara dengan 116% kebutuhan harian.

Kale dan bayam

Sayuran hijau ini mengandung provitamin A yang cukup tinggi. Kale dan bayam mengandung provitamin A sebesar 681 mcg dan 469 mcg setiap 100 gramnya.

Baca juga: Manfaat Vitamin E untuk Kulit Wajah dan Cara Menggunakannya

Wortel

Sayuran satu berwarna jingga ini sudah sangat terkenal sebagai sumber vitamin A tinggi. Ternyata dalam 100 gram wortel mengandung 852 mcg atau 95% kebutuhan harian.

Buah-buahan

Ternyata banyak buah yang mengandung vitamin A. Walaupun buah-buahan berikut hanya mengandung provitamin A di bawah 10% per 100 gramnya, buah-buahan ini tetap baik dikonsumsi karena mengandung pula vitamin dan mineral lainya yang bermanfaat untuk tubuh.

Buah-buahan yang mengandung provitamin A antara lain mangga, delima, semangka, pepaya, jambu merah, dan markisa.

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A yang telah tertulis di atas, Anda akan bisa memenuhi kebutuhan harian Anda. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan manfaat dari vitamin A untuk kesehatan mata, kulit, sistem imun, dan sistem reproduksi Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com