Kompas.com - 15/05/2021, 19:34 WIB
Teh bunga rosella freepikTeh bunga rosella

KOMPAS.comRosella adalah bunga dari tanaman Hibiscus sabdariffa. Tanaman ini banyak tumbuh di negara tropis dan subtropis, seperti Afrika Utara dan Asia Tenggara. Bunganya banyak dikeringkan untuk dijadikan teh karena dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Teh rosella adalah teh herbal yang dibuat dengan menyeduh bunga rosella yang telah dikeringkan ke dalam air mendidih. Warna bunga dan air seduhan rosella akan terlihat merah gelap. Teh bunga rosella memiliki rasa seperti buah cranberry, terasa sedikit asam dan menyegarkan.

Penyajian teh bunga rosella juga sangat mudah. Anda bisa menambahkan pemanis sesuai selera Anda, seperti madu atau stevia. Teh bunga rosella bisa diminum dingin atau panas.

Selain dijual dalam bentuk bunga yang dikeringkan, rosella juga dijual dalm bentuk lain seperti serbuk dan dalam sediaan kapsul. Sehingga Anda bisa memilih cara paling mudah dan menyenangkan untuk mengonsumsi bunga rosella.

Dilansir dari Health Line (25/11/2017), terdapat manfaat bunga rosella bagi tubuh yang telah terbukti secara ilmiah. Berikut daftar manfaatnya.

Baca juga: Segudang Manfaat Teh Hijau, Bisa Jadi Alternatif Minum Kopi

Kaya akan antioksidan

Antioksidan adalah zat yang berkhasiat untuk melawan radikal bebas yang bisa merusak sel tubuh Anda. Bunga rosella mengandung antioksidan yang tinggi dan bisa menangkal radikal bebas.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu antioksidan yang terkandung di dalam rosella adalah polifenol yang dikenal mampu menjadi zat antikanker.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Sebuah studi yang dipublikasikan melalui NCBI pada tahun 2009 menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi teh rosella secara rutin selama enam minggu terbukti mengalami penuruna tekanan darah yang signifikan.

Namun, teh rosella tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat hydrochlorothiazide. Ini merupakan obat diuretik yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi. Meminum teh rosella dengan obat ini bisa menimbulkan efek samping.

Menurunkan kadar lemak dalam darah

Beberapa studi menunjukkan bahwa manfaat bunga rosella bisa menurunkan kadar lemak dalam darah yang bisa memicu penyakit kardiovaskular. Selain itu, studi juga mencatat bahwa rosella bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X