Kompas.com - 10/05/2021, 14:05 WIB
Ilustrasi tidur siang UnsplashIlustrasi tidur siang

KOMPAS.com - Sebagian orang berpendapat bahwa tidur siang hanya diperuntukkan bagi anak kecil. Orang dewasa memilih tidak tidur siang dan menggunakannya untuk bekerja.

Tetapi sebagian besar merasakan kelelahan dan juga diserang rasa kantuk. Benarkah orang dewasa tidak perlu tidur siang?

Dilansir dari WebMD (13/6/2020), tidur siang bermanfaat tidak hanya bagi anak kecil, namun juga bagi orang dewasa. Berikut manfaat tidur siang bagi orang dewasa.

Baca juga: Jangan Tidur Siang Lebih dari 1 Jam, Berisiko Buruk untuk Kesehatan

Meningkatkan daya ingat

Sebuah studi menyebutkan bahwa tidur memiliki peranan penting untuk menyimpan memori atau ingatan akan sesuatu. Tidur siang bisa membantu Anda mengingat apa yang Anda pelajari sebelumnya, sama seperti tidur pada malam hari. Otak Anda akan menyimpan informasi yang Anda dapatkan sebelum tidur.

Meningkatkan kemampuan nalar

Tidak hanya meningkatkan daya ingat, tidur siang juga membuat anda lebih mudah untuk connect the dots. Anda akan mudah mencari sangkut paut dari beberapa kejadian dalam keseharian Anda dan berpikir secara komprehensif untuk memecahkan suatu masalah.

Baca juga: Gen untuk Tidur Siang Memang Ada, Para Peneliti Membuktikannya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meningkatkan kinerja

Saat Anda berkerja, semakin sore kinerja Anda akan semakin menurun karena kelelahan. Tidur siang sebentar bisa membuat Anda merasa segar lagi sehingga kinerja Anda lebih stabil dan lebih kreatif.

Meningkatkan mood

Jika Anda merasa lesu, cobalah tidur siang untuk menaikkan mood Anda. Beristirahat sebentar walaupun tidak sampai tertidur, bisa membuat Anda segar lagi. Tidak hanya itu, tidur siang selama 45-60 menit juga terbukti membuat badan lebih rileks dan bisa menghindari stress akibat pekerjaan.

Lebih baik dari mengonsumsi kafein

Setelah makan siang biasanya orang akan merasa mengantuk. Tidur siang sebentar selama 20 menit bisa menghilangkan rasa kantuk Anda. Tidur siang lebih baik untuk Anda dibandingkan dengan meminum secangkir kopi.

Secangkir kopi mungkin membantu Anda untuk menghilankan rasa kantuk. Namun, kopi hanya memberikan Anda asupan kafein. Sedangkan tidur siang akan menghilangkan rasa kantuk Anda sekaligus memberi manfaat lainnya, seperti meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

Jika Anda ingin tidur siang

Perhatikan durasi tidur siang Anda. Tidur siang sebaiknya jangan terlalu lama. Anda bisa tidur kurang dari 30 menit. Jika lebih dari 30 menit, Anda akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk kembali bangun, atau dalam bahasa sains disebut sleep inertia.

Sleep inertia adalah kondisi bingung atau transisi otak dari tidur sampai bangun kembali. Semakin lama Anda tidur, semakin lama pula waktu yang dibutuhkan tubuh Anda untuk benar-benar bangun dan siap bekerja kembali. Agar waktu Anda tidak terbuang banyak karena kondisi ini, tidur sianglah dalam waktu yang singkat.

Baca juga: Siklus Tidur Terganggu, Benarkah Teknologi Mengubah Jam Tubuh Manusia?

Pilih waktu tidur siang lebih awal, yaitu antara jam 1-3 siang. Tidur sebelum jam 3 siang pada umumnya tidak akan mempengaruhi pola tidur malam Anda.

Tapi, jika Anda tidur siang terlalu sore atau setelah jam 3 siang, ini beresiko mengganggu jam tidur malam Anda. Anda akan tetap merasa segar saat jam tidur malam sehingga sulit tidur di awal waktu.

Tidur siang memang bukan untuk semua orang. Namun jika Anda sering merasa lelah di siang hari, Anda mungkin ingin merasakan manfaat tidur siang untuk meningkatkan hari Anda. Apa Anda akan mencoba tidur siang hari ini?



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X