Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Jenis Kucing yang Cocok Anda Pelihara Berdasarkan Kepribadian

Kompas.com - 09/05/2021, 19:02 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comKucing yang bisa dipelihara ternyata banyak jenisnya. Ada yang sangat aktif dibanding kucing lainnya, lalu ada juga yang butuh banyak bermain. Anda perlu tahu karakter dari masing-masing kucing sebelum Anda menentukan, kucing mana yang cocok dengan gaya hidup Anda.

Dilansir dari The Spruce Pets (20/4/2021), berikut jenis jenis kucing yang cocok untuk Anda pelihara.

Abyssinian

Abyssinian adalah kucing yang sangat aktif yang berasal dari Ethiopia. Dia sangat suka memanjat dan mengeksplorasi lingkungan empat tinggalnya. Anda harus siap dengan berbagai permainan interaktif untuk bermain bersama kucing Abyssinian. Karakter tubuhnya tinggi, memiliki telinga yang lancip, serta badan yang kekar.

Baca juga: 5 Cara Mudah Merawat Anak Kucing

British shorthair

Kucing British shorthairUnsplash Kucing British shorthair

Berasal dari Inggirs, kucing ini cukup aktif dan mudah bergaul dengan anak-anak daan binatang peliharaan lainnya. Kucing British shorthair adalah kucing yang manja dan senang berdekatan dengan manusia. Karakter fisik utamanya adalah kepala yang besar dan bermata bulat.

American shorthair

Kucing ini memiliki karakter yang mirip dengan kucing lokal. American shorthair sangat mudah dipelihara dan tidak memerlukan perawatan yang rumit. Dia cenderung menerima dan santai akan apa yang terjadi padanya.
Kucing ini mudah untuk beradaptasi dan bermain dengan anak-anak dan binatang peliharaan lainnya. Karakter fisiknya badannya tegap dengan bulu pendek namun padat.

Baca juga: 7 Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Penjelasannya

Maine Coon

Kucing Maine CoonUnsplash Kucing Maine Coon

Terdapat dongeng lama yang menyebukan bahwa Maine Coon adalah perkawinan antara kucing dengan rakun. Tenang saja, itu hanya dongeng belaka. Kucing jenis ini merupakan persilangan antara kucing American domestic dengan kucing berbulu panjang.

Walaupun berbadan kekar dan besar, namun Maine Coon sangat ramah terhadap anak-anak dan binatang peliharaan lainnya. Dia sangat senang berdekatan dengan pemiliknya, namun tidak manja seperti British shorthair. Karena karakteristik dan fiturnya, Maine Coon sering disebut gentle giant.

Persia

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Kutu Kucing yang Mengganggu

Bulu lebat, berwajah manis, wajah datar, dan pembawaan yang tenang membuat kucing persia menjadi salah satu kucing yang difavoritkan untuk dipelihara. Kucing ini berasal dari Iran.

Jika Anda adalah orang yang tenang dan ingin memelihara kucing, maka kucing persia adalah jenis yang cocok untuk Anda. Namun, karena bulunya yang halus, panjang, dan lebat, bulunya harus disisir setiap hari agar tidak kusut dan rutin dimandikan seminggu sekali. Persia bisa hidup 10 sampai 17 tahun.

Ragdoll

Kucing RagdollUnsplash Kucing Ragdoll

Kucing Ragdoll sangat suka bersantai dan rebahan di lengan pemiliknya. Kucing ini akan mengikuti terus kemana pemilikinya pergi, dari ruangan satu ke ruangan lainnya. Ragdoll sangat toleran kepada anak-anak dan binatang peliharaan, bahkan kucing ini bisa diajak bermain juga. Karakter fisiknya memiliki panjang bulu yang sedang dan bermata biru. Kucing ini bisa hidup 13 sampai 15 tahun.

Kucing Exotic

Kucing Exotic sering disebut “the lazy man’s Persian” karena penampilannya yang mirip dengan kucing Persia. Kucing ini memiliki kaki yang pendek, berbadan bundar, dan hidung pesek. Exotic sangat suka berbaring walaupun ia juga suka bermain. Untuk merawatnya cukup dengan menyisir rutin bulunya seminggu sekali agar tidak kusut.

Siam

Kucing SiamUnsplash Kucing Siam

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com